May Day di Sangihe: Buruh Tak Demo, Tapi Gandeng Polres dan KUPP Gelar Baksos

 270 total views

PERINGATAN Hari Buruh Internasional yang ditetapkan setiap tanggal 1 Mei dan populer dikenal dengan sebutan May Day digelar seluruh dunia tak terkecuali Indonesia yang sudah ditetapkan sebagai hari libur nasional untuk menghormati kiprah para pekerja/buruh.

May Day lazimnya sering diperingati oleh para buruh dengan melakukan aksi damai atau unjuk rasa menyatakan sikap ataupun protes kepada pemerintah demi perbaikan nasib buruh.

Namun kali ini, peringatan May Day di Sangihe ada nuansa yang berbeda dan sangat simpatik saat ratusan buruh dan anggota Polri Polres Sangihe bersama Pemkab Kepulauan Sangihe melalui Dinas Tenaga Kerja yang berkoordinasi dengan KUPP Kelas II Tahuna melaksanakan bakti sosial (baksos) di seluruh areal Pelabuhan Nusantara Tahuna

Pantauan bhayangkaranusantara.com pada Sabtu (1/5/21) para buruh, anggota Polres Sangihe dan personil KUPP Kelas II Tahuna terlihat sejak pagi hari membersihkan sampah yang ada di seluruh areal Pelabuhan Nusantara Tahuna.

Baca Juga:  Best Son of Indonesia Sinyo Sarundajang Dies
Baca Juga:  Peduli Situs Budaya, Kapolda Kalteng Resmikan Renovasi Makam Putri Mayang di Bartim

Kapolres Sangihe AKBP Tony Budhi Susetyo, SIK yang diwawancara sejumlah wartawan di lokasi bakti sosial mengatakan, hari ini dalam peringatan May Day biasanya buruh di Indonesia melakukan demo untuk menyampaikan aspirasi dan keinginannya kepada pemerintah.

“Namun kita yang ada di Sangihe (buruh) dalam peringatan May Day saat ini tidak ada demo, apalagi saat ini kita masih dalam situasi pandemi Covid-19,” kata AKBP Susetyo.

Baca Juga:  Dua Ormas Bentrok di Purwakarta, Polisi Lepaskan Tembakan

Dirinya juga sangat mengapresiasi cara yang dilakukan kaum buruh di Sangihe dalam memperingati Hari Buruh dengan cara yang unik dan berbeda, namun sangat simpatik.

“Saya berterima kasih karena peringatan May Day hari ini tidak dengan demo, namun dengan kegiatan sosial. Inilah yang membedakan kita (buruh Sangihe) dengan buruh yang ada di daerah lainnya,” tutur Susetyo berterima kasih.

Ucapan terimakasih yang sama juga disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Harry Wolff, ST atas kerjasama yang baik dari semua stakeholder dan para buruh sehingga peringatan May Day terlaksana dengan baik.

“Atas nama pemerintah saya menyampaikan apresiasi yang tinggi terkait kolaborasi antara Polres Sangihe, KUPP Kelas II Tahuna serta Dinas Tenaga Kerja Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe dan saudara saudara buruh yang merayakan hari buruh dengan sepenuh hati,” ungkapnya.

Menurut Harry, biasanya Hari Buruh diperingati dengan cara menuntut hak hak para buruh. Tetapi hari ini justru para buruh melaksanakan kewajiban selaku warga masyarakat Kabupaten Sangihe dengan melakukan bakti sosial. Adrianto – Sangihe..

Komentar Anda
+1
0
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0