Manado Menuju Sentra Penghasil Kedelai, GSVL: "Marijo Ba Kobong" | Bhayangkara Nusantara

Manado Menuju Sentra Penghasil Kedelai, GSVL: “Marijo Ba Kobong”

 196 total views

USAI dilaunching Walikota Manado, DR. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA, kegiatan Marijo Ba Kobong pada perayaan Hari Tani Nasional 24 September 2020 lalu menjadi titik awal menuju Manado sebagai salah-satu daerah penghasil kedelai di Sulawesi Utara.

Menurut rencana, Pemerintah Kota Manado menargetkan 100 hektar lahan untuk penanaman bibit kedelai. Bibitnya sendiri akan disiapkan Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan yang nantinya akan disalurkan kepada setiap kelompok tani.

Hari ini, Selasa (13/10/20) Walikota kembali melakukan giat Ba Kobong bersama kelompok tani (Poktan) Cempaka Meras di Kelurahan Meras Kecamatan Bunaken yang diketuai Sutrisno Mataser di atas lahan 10 hektar.

Dalam penanaman perdana tersebut GSVL berucap, “Selamat atas penanaman dan mengajak poktan, mari kita awali kerja ini dalam nama Tuhan dan dalam keyakinan, kita lakukan penanaman ini. Terimakasih,” ucap Walikota sambil mendorong alat tanam kedelai di atas lahan perkebunan tersebut.

Di kesempatan yang sama, Walikota Vicky Lumentut mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memperkuat kerja sama dan kolaborasi dalam upaya pengembangan dan memajukan sektor pertanian di Kota Manado.

Menurut Walikota, program Ba Kobong ini sudah dicanangkan pada bulan Februari lalu sebelum wabah pandemi Covid-19 menerjang daerah ini. Program Ba Kobong bertujuan memperkuat ketahanan pangan keluarga dan ketahanan pangan Kota Manado, di dalamnya membantu kebutuhan ekonomi keluarga di masa sulit seperti ini.

Diketahui setelah dilaunching Walikota beberapa waktu lalu, target 100 hektar lahan untuk bibit kedelai dalam kurun waktu hampir dua mingguan capaian target penanaman bibit kedelai sudah berada pada kisaran 65 hektar lahan yang ditanami bibit kedelai yang tersebar di sejumlah Kelurahan. Sebut saja Kelurahan Meras dengan luas lahan 20 ha, Kelurahan Bengkol 25 ha, Kelurahan Kima Atas 10 ha dan Kelurahan Lapangan 10 ha

Kesempatan tersebut, Walikota menyerahkan bantuan hand sprayer dan herbisida (racun rumput) untuk kebutuhan pertanian buat para poktan. Hadir bersama dalam Ba Kobong, Kadis Pertanian Kelautan dan Perikanan M. Sofyan, Ketua FKUB Kota Manado Pdt Renata Ticonuwu, STh, Kabag Pem-Humas Kota Manado Sonny M.Takumansang, Camat Bunaken Boyke Pandean dan Ketua KTNA Kota Manado George Keintjem. Jola -Manado

Komentar Anda
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1