Maling Tabung Gas LPG “Warungan” Tertangkap, Sudah Tahu Cara Pelaku Beraksi?

 1,751 total views

SW alias Pep (29), warga Kelurahan Rinegetan, Kecamatan Tondano Barat ditangkap Tim Totosik dan personel Satreskrim Polres Tomohon karena kedapatan melakukan pencurian tabung LPG 3 kg.

Penangkapan maling kelas “warung” yang diketahui seorang pekerja buruh itu dilakukan di Komplek Alfamidi Kelurahan Woloan Dua, Kecamatan Tomohon Barat, Kota Tomohon, Selasa (20/4/21).

Kasus pencurian ini terjadi di warung yang berada di Kelurahan Woloan 1, 2 dan 3, Kecamatan Tomohon Barat. Kemudian warung di Kelurahan Walian Satu, Kelurahan Kampung Jawa dan Kelurahan Tumatangtang, Kecamatan Tomohon Selatan pada Maret dan April 2021.

Baca Juga:  Dit Narkoba Polda Sulteng Ringkus TO Pemasok Sabu
Baca Juga:  Tim Totosik Amankan Pelaku Penganiayaan, Pemicunya Miras

Adapun korban pencurian yakni pemilik warung, Keluarga Tangon-Pandelaki warga Woloan Dua Lingk. 1 mengalami kerugian 1 tabung gas 3 kg, Keluarga Kalangi-Sinaga di Woloan Tiga Lingk. 3 kerugian 2 tabung gas 3 kg, Keluarga Koyongian-Mongdong Alamat di Woloan Tiga Lingk. 6 kerugian 4 tabung gas 3 kg dan Keluarga Korompis-Motulo di Woloan Dua Lingk. 2 kerugian 2 tabung gas 3 kg.

Sedangkan Keluarga Tumembow-Pandeinuwu di Walian Satu Lingk. 1 mengalami kerugian 2 tabung gas 3 kg, Keluarga Tubagus-Hasan di Kampung Jawa kerugian 4 tabung fas 3 dan Keluarga Akay-Kowaas di Tumatangtang Lingk. 5 kerugian 4 tabung gas 3 kg.

Polisi mengungkap, cara pelaku melakukan aksinya dengan berpura-pura membeli sesuatu di warung yang menjadi sasaran. Setelah keluar dari warung, sang maling langsung mengambil tabung gas LPG 3 kg yang ada (dijual) di warung tersebut.

Penangkapan SW dilakukan sekira jam 10.30 Wita setelah Tim URC Totosik mendapat informasi bahwa di komplek Alfamidi Kelurahan Woloan Dua ada seorang pria yang diamankan masyarakat karena ciri-cirinya persis seperti pelaku pencurian tabung gas LPG 3 kg di Kelurahan Woloan Dua yang terekam CCTV.

Saat itu juga Tim URC Totosik segera menindaklanjuti laporan masyarakat dan bersama personel piket Satreskrim langsung menuju ke lokasi sesuai laporan masyarakat. Ketika sampai di lokasi, polisi langsung mengamankan lelaki yang dicurigai sebagai pelaku pencurian.

Kemudian personil melakukan interogasi pelaku, dan mengakui perbuatannya telah mencuri tabung gas LPG 3 kg di beberapa warung yang ada di Tomohon. Maling “amatir” tersebut kemudian menunjukkan lokasi warung tempat dia mencuri tabung gas tersebut.

Tak mau membuang waktu, Tim URC Totosik dan personil Satreskrim bersama pelaku melakukan pencarian barang bukti yang sudah dijualnya. Barang bukti pun diamankan berupa 17 tabung gas LPG berukuran 3 kg.

Selain itu juga diamankan satu unit kendaraan R2 Yamaha Mio TNKB DB 3421 BM warna merah putih yang digunakan pelaku saat melakukan aksinya berikut satu buah helm warna hitam. Selanjutnya pelaku dan barang bukti diserahkan ke Polres Tomohon untuk diproses sesuai hukum yang berlaku.

Kapolres Tomohon melalui Wakapolres Kompol Agnes Turambi, SE mengimbau kepada para pemilik warung, terlebih yang letaknya dekat jalan umum, agar selalu waspada dan menata jualannya pada tempat yang aman dan bisa dipantau setiap saat, apalagi penataan letak tabung LPG.

“Selain itu juga agar segera menghubungi pihak kepolisian jika terjadi hal-hal yang mengganggu sitkamtibmas di sekitar tempat usahanya, apalagi jika menjadi korban kejahatan, misalnya pencurian,” tutup Agnes. Bert/BN – Tomohon

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
2
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0