Luar Biasa! Hanya Ada di Polsek Ini Rumah Makan Gratis untuk Warga Terdampak Covid

 372 total views

BAKTI sosial mungkin suatu hal yang biasa dilakukan. Tapi ini sangat luar biasa dilakukan Polri. Memperingati hari lahir (harlah) Pancasila 1 Juni 2021, memang banyak cara dilakukan masyarakat Indonesia dan relawan kemanusiaan berbagi keberkahan di masa pandemi.

Salah satunya dilakukan Polsek Jatisampurna Polres Metro Bekasi Kota yang dipimpin Kapolsek Iptu Santri Dirga Setadatri, Stk, S.I.K dengan membuka rumah makan gratis bagi warga kurang mampu terdampak Covid-19.

Dengan berdirinya rumah makan gratis di halaman Mapolsek Jatisampurna, Polri dapat lebih dekat dan peduli dengan masyarakat. Kepuasan pelayanan ini diberikan anggota Polsek Jatisampurna kepada Aditya Prayoga selaku pemilik rumah makan.

Ia menawarkan kerjasama dalam misi kemanusiaan membuka rumah makan gratis yang pertama kali di kantor polisi, yakni Polsek Jatisampurna.

“Ini merupakan salah satu bentuk pelayanan Polri kepada masyarakat di masa vandemi Covid-19, terlebih masyarakat ekonomi lemah sangat merasakan dampaknya,” kata Aditya.

Seperti diketahui, selama vandemi Covid-19 ini, Polsek Jatisampurna sudah beberapa kali membagikan sembako dan masker kepada masyarakat Jatisampurna. Kegiatan tersebut bekerja sama dengan puskesmas yang ada di wilayah Kecamatan Jatisampurna, seperti melaksanakan swab tes antigen gratis bagi warga yang mudik, agar tidak terjadi cluster baru Covid-19 di wilayah Jatisampurna khususnya.

Rumah makan gratis ini, terinspirasi dari cerita pengalaman hidup Aditya Prayoga ketika mendatangi Mapolsek Jatisampurna, saat terkena musibah kecelakaan lalu lintas (srempetan) di Jl Raya Kranggan, Kecamatan Jatisampurna.

Baca Juga:  Pertama di Indonesia, Vaksinasi Massal Serentak Polda Kalteng Sasar Lansia
Baca Juga:  Puskominfo Indonesia Sambut Baik Instruksi Kapolri

Sesuai arahan Kapolsek Jatisampurna Iptu Santri Dirga kepada anggota saat itu masalah kecelakaan lalu lintas tersebut harus diselesaikan dengan cara dimediasi, musyawarah dan kekeluargaan atau problem solving.

Menurut Aditya Prayoga, rumah makan gratis ini sebenarnya sudah berdiri 2 Oktober 2016. Awalnya saat ia mulai membantu seorang nenek yang tidak sengaja ditemuinya di jalan.

“Nenek tersebut kondisinya sedang sakit pada bagian kakinya. Maka saya sering membawakan makanan ke rumahnya yang lumayan jauh dari rumah saya,” ungkapnya.

Dari pengakuannya setelah membantu nenek tersebut, Allah membuka pintu rezekinya, lancar dan berlebih. “Alhamdulillah, maka saya teruskan membantu nenek itu, juga beberapa orang jompo lain,” tuturnya.

Namun Aditya berpikir, lumayan lelah kalau harus terus mengantarkan makanan gratis tersebut. Akhirnya ia menceritakan hal itu kepada isterinya, mengenai rencana untuk menyiapkan makanan dengan porsi banyak, setelah itu disimpan di depan rumah, biar nanti mereka yang membutuhkan dapat mengambilnya sendiri.

“Saya juga merasa lebih banyak yang dapat dibantu dengan cara itu, karena di sana sering lewat tukang sapu, rongsokan dan pemulung,” ucapnya.

Sementara, Sekcam Jatisampurna, Natawirya, S.Sos, M.Si di dampingi Lurah se-Kecamatan Jatisampurna mengatakan, misi kemanusiaan rumah makan gratis oleh Polsek Jatisampurna ini sesuatu hal luar biasa.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih, kami mendoakan semoga Ka Polsek Jatisampurna dan jajaranya diberi Allah SWT kesehatan dalam melaksanakan tugas dan dapat dicintai masyarakat Jatisampurna khususnya,” kata Sekcam.

Ia mengharapkan instansi dan pelaku usaha lainnya dapat mengikuti apa yang dilakukan Polsek Jatisampurna yang baru satu bulan diresmikan Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Aloysius Suprijadi, S.I.K, MH pada Senin (19/4/21).

“Mudah-mudahan apa yang dilakukan Polsek Jatisampurna Polres Metro Bekasi Kota ini menjadi contoh bagi masyarakat dalam berbagi keberkahan untuk membantu meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19,” ujarnya. Yusup Bahtiar/Marpaung – Bekasi

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
3
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0