LSM LIPAN Jabar Datangi Kantor Desa Gabuswetan, Minta Klarifikasi Logo BUMDes, Kades Malah Putarbalikan Fakta – Bhayangkara Nusantara
LSM LIPAN Jabar Datangi Kantor Desa Gabuswetan, Minta Klarifikasi Logo BUMDes, Kades Malah Putarbalikan Fakta

LSM LIPAN Jabar Datangi Kantor Desa Gabuswetan, Minta Klarifikasi Logo BUMDes, Kades Malah Putarbalikan Fakta

 297 total views,  1 views today

KETUA LSM Lembaga Independen Pemantau Anggaran Negara (LIPAN) DPW Jawa Barat, Hidayat bersama anggotanya mendatangi kantor Desa/Kecamatan Gabuswetan, Kabupaten Indramayu untuk minta klarifikasi terkait logo BUMDes, Senin (26/10/20).

Kedatangan mereka mempertanyakan logo tersebut kepada Kades Gabuswetan tentang kebenaran atau keaslian logo yang digunakan untuk suplay beras ke Agen e-Waroeng Nurjanah yang baru-baru ini terungkap media.

Dalam pertemuan tersebut Kades Gabuswaten Abdullah Irlan, SH mengatakan, BUMDes itu milik Pemerintah Desa sesuai Peraturan Desa (Perdes) dan ia ambil alih tatkala kepengurusannya bermasalah.

Baca Juga:  Kasus yang Terjadi di BUMDes Gabuswetan Semakin Terbongkar, Dirutnya Angkat Bicara...

Kades juga mengaku, selama ini hubungannya dengan pihak BUMDes tidak harmonis sejak diputusnya pengiriman beras ada yang bermasalah.

“Bahkan pendamping PKH (Program Keluarga Harapan) itu ditegur dinas sosial (dinsos) karena banyak masyarakat penerima manfaat itu mengeluh,” ungkapnya.

Karenanya, logo itu diubah dari yang lama (BUMDes) diganti baru pada karung @10kg. “Sekarang saya ambil alih wewenang itu dibantu Pendamping PKH sebut saja Bedy Andri untuk membantu saya mencarikan heler (pabrik beras-red) yang pantas buat masyarakat khususnya Desa Gabuswetan,” kata Kades berkilah.

Namun demikian, fakta yang terjadi banyak temuan di lapangan beras yang disuplay oleh BUMDes versi Kepala Desa itu kualitas berasnya diduga bukan beras super atau premium.

“Tapi kualitas kurang bagus (medium-red.) yang harganya di pasaran kurang dari nilai yang ditentukan oleh peraturan dinas @11 ribu/kg satu karungnya,” kata tim investigasi DPW LIPAN Jawa Barat.

“Selama ini saya percayakan sama pendamping yang ngetes kualitas beras itu, kalau menurut dia bagus ya sudah jalankan, itu saja dan dia yang tahu soal keberadaan heler yang memasok beras ke BUMDes saya,” dalihnya.

Di saat yang sama media ini juga mempertanyakan kinerja pendamping PKH Gabuswetan, Bedy Andri terkait mutu atau kualitas beras sebelum dibagikan kepada masyarakat, apakah sudah memenuhi standar premium dan diuji lab sehingga masyarakat penerima manfaat itu puas.

“Jujur saya tidak pernah mengetes lab beras untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tersebut, tapi menurut saya bagus. Itu saja,” cetus Bedy selaku pendamping PKH tersebut.

Di tempat terpisah di hari yang sama, Direktur BUMDes Gabuswetan, Wira Nanda membantah pernyataan Kades. “Saya ini masih aktif Pak, bahkan SK saya masih ada, tapi kenapa kepala desa bilang BUMDes itu non aktif, jadi bingung saya. Aneh,” ungkap Wira Nanda.

Baca Juga:  Terbongkar, E-Warong Nurjanah di Desa Gabuswetan Curangi Masyarakat

Tak hanya itu, Wira juga menyodorkan contoh beras yang dulu disuplay dan memakai Logo BUMDes yang asli. “Kalau kata Pak Kades itu bermasalah kepada KPM, malah justru sebaliknya, dia yang bermasalah malah memakai nama Logo BUMDes lagi. Saya berharap dia sadar akan kekeliruannya,” ungkap Wira Nanda dengan nada pelan.

Sementara menurut Tim DPW LIPAN Jawa Barat, dalih Kepala Desa dan Pendamping PKH sudah mengambil alih paksa wewenang BUMDes yang resmi dengan dalil menyelamatkan masyarakat tak lebih hanya sebagai alasan klise. Padahal di balik semua ini ada ajang bisnis.

“Saya selaku Ketua Tim LSM LIPAN bersama anggota akan melaporkan ini ke aparat penegak hukum agar diproses secara hukum. Dia sudah memutarbalikan fakta yang ada, tentang pabrik tidak tahu, jelas jelas dia yang bekerja sama dengan pabrik tersebut, ini suatu kebohongan besar,” tegasnya.

Tim juga melihat, BUMDes itu masih aktif selama ini. “Tapi dibekukan dan dinonaktifkan semaunya sendiri tanpa ada musyawarah desa (musdes), kata Tim LSM DPW LIPAN. Atim Sawano – Indramayu

Komentar Anda

Bagaimana Reaksi Anda?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0