Longsor Hingga Pohon Tumbang terjadi di Buayan.

 3,147 total views

Bayangkaranusantara.com,-
Polres Kebumen – Hujan lebat yang mengguyur Kecamatan Buayan menyebabkan longsor di Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan, Kebumen, Minggu (28/11).

Dijelaskan Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasi Humas Polres Iptu Tugiman, longsor terjadi sekitar pukul 09.30 WIB saat hujan turun dengan lebatnya.

Baca Juga:  Cuaca Ekstrim, Banjir, Longsor dan Amukan Ombak Besar Ancam Warga Sangihe, Pesisir Tahuna Mencekam

Meski tak ada korban jiwa, material longsor menutup jalan desa dan sampai sekarang belum bisa dilalui.

Banyaknya material lumpur yang menutup jalan, evakuasi menggunakan alat manual yang sudah berjalan hanya kebersihan beberapa persen saja.

Baca Juga:  Polsek Ciracas Gelar Ops Kilat Jaya 2020, 25 Pengguna R2 Tak Punya SIM dan Berhelm

“Informasi yang kami terima, besok akan dilakukan evakuasi material longsor menggunakan alat berat. Sementara belum bisa dilalui, warga masih bisa menggunakan jalur lain,” jelas Iptu Tugiman.

Selain longsor, masih di Kecamatan Buayan, talud jalan Desa Rogodono amblas dan longsor.

Longsor cukup parah, kerusakan kurang lebih sepanjang 35 meter. Talud yang dibangun menggunakan semen tak kuat menopang tanah di samping jalan yang menjadi gembur akibat hujan yang terus menerus.

Selanjutnya pada sore harinya sekitar pukul 14.30 WIB, longsor di Desa Jladri Kecamatan Buayan mengakibatkan pohon albasia dan pohon kelapa tumbang menimpa rumah warga.

Rumah Jamin (69) mengalami kerusakan cukup serius pada bagian atap pada peristiwa itu.

Berdasarkan informasi, sebanyak kurang lebih 15 asbes dan 15 kayu rusuk rumah jamin rusak.

Selanjutnya tandon air bersih berukuran 550 liter rusak dalam kejadian itu.

“Polsek Buayan sudah langsung ke lokasi bersama dengan warga dan melakukan kerja bakti hingga sore tadi. Karena hari gelap, kerja bakti akan dilanjutkan besok,” jelas Iptu Tugiman.

Adanya peristiwa cuaca buruk akhir-akhir ini, Polres Kebumen mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam terutama kepada warga yang tinggal di daerah rawan longsor dan banjir.

(Ahmad H,BNKebumen)

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0