Lirik Peluang Ekspor Ikan ke Generalsantos dan Davao – Philipina, Gaghana Sowan ke Kemenlu

 91 total views

BUPATI Sangihe, Jabes Ezar Gaghana temui  Wakil Menteri Luar Negeri, Mahendra Siregar di Jakarta, Kamis (25/3/21). Pertemuan itu dipastikan membahas rencana kerjasama sektor perikanan yang saat ini sedang dalam penjajakan oleh Konsulat Jenderal (Konjen) Indonesia РPhilipina.

Melirik pasar ekspor ikan ke Kota Generalsantos dan Davao di Philipina, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Sangihe ingin memperkuat kerjasama sektor perikanan dengan negara Philipina, mengingat letak geografis Kabupaten Sangihe yang berbatasan dengan negara tersebut dan memiliki potensi kelautan dan perikanan yang kaya serta melimpah.

Dalam pertemuan Bupati Sangihe mempresentasikan potensi daerah yang ada dengan sarana dan prasarana tangkap dan dukungan proses pengolahan, termasuk pasca tangkap.

Baca Juga:  Kombes Pol Edy: "Selamat Atas Dilantiknya Irjen Pol Gatot Jadi Ketum PMRJ"
Baca Juga:  Musrenbang - RKPD 2022 Sangihe, Kakondo Bedah Pokok Pikiran DPRD

Gaghana juga menekankan, sebagaimana peraturan kerjasama dalam investasi ini tidak akan dilakukan di luar konteks perundang-undangan dimana penanaman modal asing hanya dikhususkan untuk investasi pengolahan.

“Tetapi tidak akan membuka ruang untuk penangkapan ikan bagi nelayan Philipina di wilayah perairan Indonesia khususnya di perairan Sangihe,” kata Bupati melalui Prokopi Humas Pemkab Sangihe.

Sementara, Wamenlu Mahendra Siregar mendorong pihak Konjen agar segera mempercepat proses kerjasama ini dan untuk lebih menseriusi kerjasama ini, maka Konjen bersama tim yang ada akan melakukan kunjungan ke Kabupaten Sangihe dalam waktu dekat ini.

Dalam pertemuan itu Bupati didampingi Kepala Bapelitbang Daerah, Ketua Tim Penggerak PKK, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda, Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sangihe.

Sementara Wamenlu Mahendra Siregar dalam kesempatan ini didampingi Direktur Kerjasama Ekonomi ASEAN, Berlianto Situngkir dan Sekretaris Direktorat Jenderal Protokol dan Konseler, Dyah Lestari Asmarani. Adrianto -Sangihe

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0