Lepas Seragam Dinas, Kades Taringgul Ladeh Tak Sungkan Turun Langsung Bersihkan Sampah dan Gorong-gorong | Bhayangkara Nusantara

Lepas Seragam Dinas, Kades Taringgul Ladeh Tak Sungkan Turun Langsung Bersihkan Sampah dan Gorong-gorong

 417 total views

GUNA mengantisipasi terjadinya genangan air di sepanjang jalan Desa Taringgul Landeh, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, warga setempat menggelar gotong royong bersih-bersih kampung.

Menariknya, Kepala Desa (Kades) Asep Mulyadi turun tangan untuk membersihkan got dan gorong-gorong tersebut. Kades yang akrab dipanggil Kang Asep Mulyadi ini bersama warga ikut membersihkan saluran air yang mampet dan sampah yang menumpuk.

Kang Asep terlihat sangat bersemangat dan tidak jijik saat turun menggali selokan. Ia memimpin langsung kegiatan bersih-bersih lingkungan ini di Kampung Kerajan, RT 01/RW 01, Desa Taringgul Landeh, sebab di kampung ini aluran air agak sedikit tersendat.

Apalagi nenghadapi musim kemarau seperti sekarang ini, tentu masyarakat tidak ingin lingkungannya terlihat kumuh dan kotor. “Saya turun langsung membersihkan selokan. Oleh sebab itu menghadapi musim kemarau yang sangat ekstrim, kita harus rajin mengontrol saluran air, yang terlihat dangkal kita harus gali agar air mengalir dengan lancar” ungkap Kades Asep kepada bhayangkaranusantara.com, Jumat (11/9/20).

Menurutnya, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan tersumbatnya selokan, di antaranya saluran air tidak mengalir dengan baik, buang sampah sembarangan, kurangnya resapan.

Untuk itu Asep beserta masyarakat turun langsung untuk mengontrol saluran air yang tersendat. Apa yang dilakukannya dengan terjun langsung menggali sendiri saluran air ini pun mendapat apresiasi dari warga sekitar.

Menurut warga, langkah yang dilakukan Kades patut dicontoh masyarakat untuk bersih-bersih lingkungan. Bahkan ia tak sungkan melepas seragam dinasnya, hanya dengan memakai kaos dalam dan turun langsung ke got untuk menggali saluran air yang mampet dan menyingkirkan sampah sampah.

“Ini patut jadi contoh bagi masyarakat Tarunggul Landeh, meskipun jabatannya Kades, Asep Mulyadi tidak merasa sombong dan mau turun langsung untuk membuat warganya nyaman,” ujar salah seorang warga. Acep – Purwakarta

Komentar Anda
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1