Kupas Tuntas Perbawaslu No. 4/2020, Jemmy Sudin Serukan Masyarakat Sangihe Jangan Golput

Kupas Tuntas Perbawaslu No. 4/2020, Jemmy Sudin Serukan Masyarakat Sangihe Jangan Golput

PERATURAN Badan Pengawas Pemilu (Perbawaslu) No. 4 tahun 2020 tentang pengawasan, penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa pemilihan kepala daerah serentak, lanjutan dalam kondisi bencana non alam Covid-19 kembali dikupas tuntas Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Sangihe, Jemmy Sudin, STh.

Ini disinggungnya pada sosialisasi secara marathon dalam sehari di dua wilayah kecamatan, masing-masing Kecamatan Tamako dan Manganitu, Sabtu (12/9/20).

Di hadapan peserta sosialisasi Jemmy Sudin yang menjadi narasumber tunggal menjelaskan, dasar dari Peraturan Bawaslu Nomor 4 Tahun 2020 adalah Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Sedangkan esensi yang terkandung dalam peraturan ini seluruh pelaksanaan tugas dan fungsi pengawasan pemilu harus mempertimbangkan protokol kesehatan pencegahan Covid’19 dan lebih memaksimalkan tehnologi informasi daring dalam pelaksanaan tugas dan fungsi pengawasan pemilu.

Jemmy Sudin didampingi Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sangihe, Alan Steve Lahinda, SH dalam kesempatan itu juga mengingatkan masyarakat Sangihe dan mengajak seluruh peserta sosialisasi agar tidak Golput dalam Pemilu 9 Desember mendatang.

“Karena dengan kehadiran kita memberikan hak pilih, maka sesungguhnya tindakan itu adalah bentuk partisipasi terbaik dari masyarakat dalam mensukseskan pemilu dan akan menciptakan pemilu yang berkwalitas,” ujarnya. 

Sosialisasi yang digelar secara marathon di dua wilayah kecamatan, Tamako dan Manganitu ini sarat dengan berbagai pertanyaan dari peserta, yang meminta agar masyarakat dapat dirahasiakan nama dan identitasnya saat mereka memasukan laporan dugaan adanya pelanggaran pemilu ke Bawaslu.

Sebelum sosialisasi dimulai seluruh peserta juga diwajibkan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid dengan mencuci tangan, memakai masker gratis yang disediakan pihak Bawaslu Sangihe dan jaga jarak.

Hadir dalam kegiatan ini camat beserta jajaran, koramil, kapolsek, tokoh masyarakat, tokoh pemuda aparat desa dan sejumlah undangan. Adrianto – Sangihe

Facebook Comments
Baca Juga:  Pariwisata dan Pelabuhan di Kendal Belum Dikelola dengan Baik
%d bloggers like this: