Klaten Belum Aman Covid-19, Hari Ini Lima orang Positif Terkonfirmasi, Tiga Orang Sembuh | Bhayangkara Nusantara

Klaten Belum Aman Covid-19, Hari Ini Lima orang Positif Terkonfirmasi, Tiga Orang Sembuh

 148 total views

MAKIN hari virus Corona di Kabupaten Klaten terus bertambah. Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Klaten kembali mengumumkan data terbaru terkait situasi terkini penyebaran Covid-19 di Klaten, Rabu (26/8/20).

Juru Bicara GTPP Covid-19 Klaten, dr. Cahyono Widodo, M.Kes menyampaikan, hari ini terdapat tiga orang pasien dinyatakan sembuh dan lima orang terkonfirmasi positif Covid-19. Sehingga jumlah kumulatif pasien positif di Klaten jadi 220 orang. Sebanyak 51 orang menjalani perawatan di rumah sakit, 158 orang sembuh dan 11 orang meninggal dunia.

“Hari ini terdapat tiga pasien yang sudah dinyatakan sembuh, namun juga ada penambahan lima orang terkonfirmasi positif Covid-19. Pasien sembuh berasal Wonosari, Prambanan dan Manisrenggo. Sedangkan pasien terkonfirmasi positif baru berasal dari Klaten Utara, Gantiwarno, Wonosari, Ngawen dan Trucuk,” tutur dr. Cahyono.

Tiga pasien sembuh masing-masing berasal dari Wonosari berinisial N (laki-laki, 52), dari Prambanan berinisial R (laki-laki, 38) dan dari Manisrenggo berinisial SAP (perempuan, 26). Pasien N sebelumnya terkonfirmasi positif sejak 19 Agustus 2020 dan telah menjalani perawatan di RS UNS Kartosuro Sukoharjo. Sedangkan R terkonfirmasi positif 22 Agustus dan SAP terkonfirmasi positif sejak 23 Agustus 2020, keduanya telah menjalani isolasi di Rumah Sehat Covid-19 Edotel Klaten.

Dari hasil evaluasi pengobatan dengan pemeriksaan spesimen dari ketiga pasien tersebut menunjukkan negatif, sehingga pasien dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. Meskipun sudah diperbolehkan pulang, pasien diminta untuk melakukan isolasi mandiri minimal 7 hari.

Sementara untuk penambahan pasien positif baru masing-masing berasal dari Klaten Utara berinisial NA (perempuan, 33), dari Gantiwarno berinisial BDK (perempuan, 30), dari Wonosari berinisial CP (laki-laki, 28), dari Ngawen berinisial SW (laki-laki, 57) dan dari Trucuk berinisial P (laki-laki, 55 ).

Baca Juga:  Risih Dihantam Berita Miring, Anggota DPRD Sulsel Ini Akhirnya Buka Suara

Pasien NA dan pasien BDK diketahui berprofesi sebagai karyawan yang sebelumnya memiliki kontak dengan kasus terkonfirmasi positif di tempat bekerjanya, sehingga dimungkinkan kedua pasien terpapar oleh kasus terkonfirmasi tersebut.

Saat ini pasien NA sedang menjalani perawatan di RS Bhayangkara DIY sedangkan pasien BDK dirawat di RSUD Kota Yoyakarta. Pasien CP berprofesi sebagai karyawan yang hanya beraktivitas di wilayah Klaten, dimungkinkan pasien terpapar pada saat melakukan aktivitasnya sehari-hari di Klaten.

Saat ini pasien CP sedang menjalani perawatan di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Pasien SW diketahui merupakan seorang pensiunan yang sebelumnya memiliki riwayat kontak dengan kasus terkonfirmasi positif Covid-19, dimungkinkan pasien terpapar oleh kasus terkonfirmasi tersebut.

Sedangkan pasien P berprofesi sebagai karyawan yang sebelumnya memiliki riwayat kontak dengan kasus terkonfirmasi positif di tempat kerjanya. Saat ini pasien SW dan pasien P sedang menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan tim medis.

Dengan adanya kasus penambahan tersebut, masyarakat diharapkan lebih disiplin menaati protokol kesehatan yang berlaku. Tetap berada di rumah, jika terpaksa keluar rumah wajib menggunakan masker, hindari kerumunan, dan terapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Juga tidak kalah pentingnya kita harus tau dan paham keseharian temen atau saudara kita dari mana perjalanan mereka hari ini dan kemaren. Tidak menutup kemungkinan vrus Corona tersebut terbawa oleh teman dan saudara tanpa disadari karna perjalanan,” tambah dr. Cahyo. Sam/ Hum Setda Klaten

Komentar Anda
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1