Kesbangpol OKU Selatan Verifikasi Faktual Sekretariat DPD LSM Barak NKRI | Bhayangkara Nusantara

Kesbangpol OKU Selatan Verifikasi Faktual Sekretariat DPD LSM Barak NKRI

 269 total views

KEPALA Bagian Kesbanpol Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) melakukan verifikasi terhadap Lembaga Swadaya Masyarakat Barisan Rakyat Anti Korupsi Negara Kesatuan Republik Indonesia Dewan Perwakilan Daerah OKU Selatan. (DPD LSM Barak NKRI Kabupaten OKU Selatan) yang berdomisili di Perumahan Griya Selatan Permai Blok N, Nomor 12, Jalan Serasan Seandanan, Batu Belang Jaya Lingkungan Tujuh Gang Mindi.

Verifikasi LSM Barak NKRI dipimpin langsung Kabid Politik dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan Januwar Dhono, SE, Lidin Sukrianto, ST dan Amsuriadi, SE, yang diutus melalui surat tugas dari kantor Badan Kesbangpol OKU Selatan.

Menurut Sonny, berdasarkan permohonan yang diajukan pada 29 September 2020 atas penerbitan Surat Keterangan Lapor (SKL) LSM Barak NKRI DPD OKU Selatan yang masuk ke Kesbangpol, maka hari ini dilakukan mengecek dan melakukan verifikasi secara faktual bersama tim.

“Kami telah periksa secara administrasi lengkap dan pada hari ini kami langsung ke lapangan untuk untuk memastikan keberadaan LSM Barak NKRI DPD OKU Selatan. Secara administrasi dan faktual LSM Barak NKRI DPD OKU Selatan sudah memenuhi syarat dan secara umum¬† berdirinya ormas dan LSM di kabupaten ini melalui tahapan terdaftarnya di Kemenkum HAM dan adanya berkas Notaris,” paparnya.

Dalam verifikasi, secara per point pihaknya memeriksa sudah lengkap, baik kantor sekretariat dan kelengkapan kantornya. “Semoga dengan berdirinya LSM Barak NKRI dapat membantu Pemerintah Daerah OKU Selatan, serta sinergi bersama dalam melakukan tugas dan wewenangnya masing masing,” ujarnya.

Kesbangpol juga berharap dalam kesempatan ini, kepada lembaga lain untuk dapat segera mendaftar agar pihaknya mengetahui berapa banyak jumlah organisasi dan LSM yang ada di Kabupaten OKU Selatan.

Baca Juga:  Bakesbangpol Jawa Timur Siap Sinergi dengan FOKAN Jatim dalam P4GN

“Kami sampaikan setelah verifikasi hari ini dan dinyatakan kelengkapan LSM Barak NKRI DPD OKU Selatan sudah memenuhi syarat dan lengkap, maka besok kami akan mengeluarkan Surat Keterangan Lapor untuk LSM Barak NKRI, dan diakui keberadaannya di Kabupaten OKU Selatan. Semoga dengan berdirinya lembaga ini menjadi mitra semua pihak,” ungkap Sonny Januar Dhono, SE.

Sementara, Ketua Dewan Pimpinan Daerah OKU Selatan LSM Barak NKRI, Misyadin mengucapkan terimakasih kepada pihak pemerintah daerah melalui Kesbangpol, yang dalam kesempatan ini telah melakukan verifikasi, baik secara administrasi dan faktual Sekretariat LSM Barak NKRI. Hasil dari verifikasi ini murni melalui tahapan dan prosedur yang sesuai peraturan dalam permohonan penerbitan SKL.

“Kami memasukan pemberkasan pada hari Selasa, 29 September 2020, dijadwalkan pada 7 Oktober 2020. Semua pemberkasan administrasi sudah dicek pada 29 September 2020 kemarin, hari ini pihak dari Kesbangpol Kabupaten ingin memverifikasi domisi kantor, kelengkapan kantor secara Faktual, kami siapkan semua yang menjadi persyaratan untuk mendapatkan SKL,” ujarnya.

Di sisi lain, lahirnya lembaga ini adalah saran serta dukungan dari masyarakat dan semua pihak, terutama anggota keluarga besar LSM Barak NKRI DPD OKU Selatan, dengan harapan nantinya lembaga ini menjadi pusat pengaduan masyarakat. “Saya sebagai Ketua DPD mengajak keluarga besar LSM Barak NKRI bersama masyarakat OKU Selatan menjadi sosial kontrol, baik government maupun development,” ucap Misyadin.

Dengan terbentuknya lembaga ini, ia juga berharap agar kiranya menjadi jembatan masyarakat mengemukakan aspirasi. “Mari kita ubah cara pandangan dan pikiran demi kebaikan bersama, tugas kita perangi korupsi, kolusi, dan nepotisme di OKU Selatan, kalau lembaga kami ini tidak dibantu masyarakat yang berperan sebagai kontrol pengawasan di setiap wilayah siapa lagi,” ujarnya.

Lebih lanjut Misyadin membuka luas bagi masyarakat yang ingin bergabung menjadi keluarga besar Barak NKRI DPD OKU Selatan. “Insya Allah lembaga ini akan menjadi besar dan bermanfaat atas dari doa serta dukungan semua pihak. Saya juga mengucapkan rasa terimakasih kami kepada para donatur yang membantu secara moril dan materi untuk kemajuan lembaga ini, juga kepada sahabat media Pers, LSM GNPK RI dan LSM lainnya atas dukungan serta kehadirannya dalam acara verifikasi terhadap LSM Barak NKRI, adalah satu kehormatan tersendiri bagi kami, semoga kita dapat menjalin kemitraan sesama profesi dan menjalankan profesi secara profesional dengan mengedepankan kebersamaan dan kekeluargaan yang erat ke depannya demi kemajuan OKU Selatan,” ungkap Misyadin.

Baca Juga:  Bakesbangpol Kota Tomohon Giat Program Pengembangan Wawasan Kebangsaan

Sementara, Dewan Penasehat Amink Sastra dan Dewan Pembina Syaparudin didampingi Bidang Advokasi hukum dan HAM Jhoni Iskandar, SH menyatakan sangat bangga diberi kepercayaan dan diberikan amanah untuk menjadi bagian keluarga besar LSM Barak NKRI DPD OKU Selatan.

“Semoga lembaga ini berkembang dan benar benar menjalankan tugas dan wewenangnya, teruslah berkarya dan bermanfaat untuk masyarakat umum dan Daerah OKU Selatan. Slamat/Juli – OKUS

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0