Kena Tipu Penarikan Mobil Gak Jelas, Korban Lapor Polisi Pelaku Ditangkap

 745 total views

TIM Resmob Polres Tomohon dipimpin Bripka Bima Pusung tangkap Ronal Antoni alias Onal (39), pelaku penipuan dan penggelapan satu unit mobil dengan modus tarik kendaraan. Pelaku ditangkap Tim Resmob di Depan Alfamart Desa Tambala, Kecamatan Tombariri, Minggu (21/3/21) jam 23.45 Wita.

Pelaku ditangkap berdasarkan Laporan Polisi Nomor: LP/12/III/2021/Sek-Ppyt, tanggal 18 Maret 2021 oleh pelapor/korban benama Jonli Budiman (35) dan Surat Perintah Penangkapan Nomor: Sp.Kap/01/III/2021/Reskrim, tanggal 21 Maret 2021.

Pelaku yang merupakan karyawan swasta tinggal di Desa Pauwo Jaga II, Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo dilaporkan karena melakukan penipuan dan penggelapan kendaraan milik korban, warga Desa Telaga Biru, Kecamatan Popayato, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo.

Baca Juga:  Pantau Pelaksanaan Vaksinasi di Polres Tomohon, Istri Walikota Yakinkan Warga Vaksin Aman
Baca Juga:  Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Samrat 2021 Digelar di Mapolres Tomohon

Penangkapan dilakukan setelah Tim Resmob Polres Tomohon mendapat informasi dari personil Polsek Popayato bahwa Ronal Antoni berada di wilayah hukum Polres Tomohon tepatnya di Desa Tambala Kecamatan Tombariri. Karena lokasi kejadian berada di wilayah hukum Polsek Popayato Polres Pohuwato Polda Gorontalo.

Berdasarkan informasi tersebut dan permohonan bantuan dari Polsek Popayato untuk mengamankan pelaku, Tim Resmob kemudian menuju ke Desa Tambala, sesuai informasi awal dari personil Polsek Popayato.

Selanjutnya Tim Resmob melakukan pengembangan dan pencarian terhadap pelaku, dan akhirnya berhasil diperoleh informasi bahwa pelaku berada di salah satu pesta pernikahan yang ada di Desa Tambala, Kecamatan Tombariri.

Tak ingin kehilangan target, Tim Resmob Polres Tomohon langsung menuju ke lokasi tempat pelaku berada. Namun karena situasi tidak memungkinkan untuk dilakukan penangkapan, Tim Resmob hanya memantau pergerakan dari pelaku.

Terpantau, pelaku Onal meninggalkan lokasi pesta nikah dan menuju arah Manado dengan menggunakan kendaraan roda 4. Tim kemudian mengikuti pelaku ke arah Manado. Meskipun tidak masuk wilayah Hukum Polres Tomohon, tim Resmob tetap membuntuti pelaku.

Sekira jam 22.00 Wita, kemudian pelaku kembali lagi ke Desa Tambala dan Tim Resmob tetap mengikuti pergerakan pelaku dan mencari momen yang tepat untuk mengamankan pelaku.

Akhirnya, tepat jam 23.45 Wita, Tim Resmob berhasil mengamankan pelaku tepatnya di depan Alfamart Desa Tambala tanpa perlawanan. Selanjutnya mengamankan Pelaku ke Mako Polres Tomohon sambul menunggu jemputan dari personil Polsek Popayato.

Sementara berdasarkan keterangan personil Polsek Popayato saat menjemput pelaku, korban sudah membuat laporan polisi di Polsek Popayato karena merasa keberatan Onal Cs sudah menarik kendaraan miliknya merk Calya DM 1030 DA.

Padahal sebelumnya pelapor telah memberikan uang BBM (uang minyak-red) sebesar Rp. 500.000 kepada Onal Cs, dari yang sebelumnya mereka meminta Rp. 2.000.000, hanya disanggupi Rp. 500.000.

Namun sampai korban membuat laporan, Onal Cs yang berjanji akan memperlihatkan surat dari pihak pengadilan sehubungan penarikan kendaraan milik korban, ternyata tidak juga bisa menunjukkan dan menepati janjinya.

Terlebih korban juga merasa keberatan dan tipu saat mengecek kendaraan miliknya di lokasi (kantor-red.) sesuai perjanjian dengan Onal Cs, ternyata tidak berada di lokasi. Bert/BN01 – TOMOHON

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
2
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0