Kejari OKU Selatan Berikan Penerangan Hukum Pencegahan Korupsi Dana Desa

 1,285 total views

KEJAKSAAN Negeri (Kejari) OKU Selatan beserta jajarannya bekerja sama dengan Dinas Pembedayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) OKU Selatan memberikan Penerangan Hukum Pelaksanaan Program Pembinaan Masyarakat Taat Hukum (Binmatkum).

Kegiatan tersebut diberikan kepada ratusan kepala desa dari 19 kecamata agar dapat memahami dalam penggunaan Dana Desa (DD) yang transparan, akuntabel, partisipatif, tertib dan disiplin anggaran guna meminimalisir penyimpangan, dilaksanakan di Gedung Aula Pemkab OKU Selatan, Rabu (30/6/21)

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) OKU Selatan Kusri, SH melalui Kasi Intel Gusti Ngurah Mahardika menjelaskan, kegiatan penyuluhan hukum yang dilaksanakan hari ini merupakan kegiatan reguler dari kejaksaan yang dilaksanakan pada tahun 2021untuk memberikan edukasi pemahaman hukum kepada kepala desa dalam hal pengelolaan Dana Desa.

“Kami dari pihak kejaksaan memiliki dua tupoksi yang perlu kami sampaikan dalam hal terkait pengelolaan keuangan desa, di antaranya yaitu Pencegahan dan Penindakan, kami berharap kepala desa secara administrasi dan realisasinya penggunaan Dana Desa sesuai dengan ketentuan agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Baca Juga:  Satbinmas Polres Luwu Timur Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Harkamtibmas
Baca Juga:  Bupati Bangkalan dan FOKAN Sinergi dalam Pemberantasan Narkoba

Penyuluhan hukum yang dilaksanakan untuk mencegah terjadinya penyimpangan dana desa, di beberapa materi telah disampaikan pada acara ini menjadi pemahaman dalam pencegah tindak prilaku korupsi.

“Saya berharap, dengan adanya penyuluhan hukum ini para kepala desa bisa mengerti hukum agar berhati-hati saat mengelola dan merialisasikan anggaran Dana Desa,” ujar Mahardika.

Sementara itu, Kepala DPMPD OKU Selatan, Juproni, S.Pd.I, M.Si menyambut baik penyuluhan hukum yang dilakukan oleh Kejari OKU Selatan.

“Sangat bagus, dengan adanya penyuluhan hukum agar menambah pengetahuan hukum, terutama dalam pengelolaan Dana Desa, supaya ke depanya seluruh kepala desa khususnya di Kabupaten OKU Selatan lebih memahami lagi setelah adanya penyuluhan hukum ini,” ucapnya.

Pelaksanaan penerangan hukum ini berlangsung dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan agar terhindar dari penularan Covid-19. Slamat -OKU Selatan

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0