Kehidupan Dua Keluarga Lansia Ini Gugah Hati PBB Lamteng untuk Berbuat | Bhayangkara Nusantara

Kehidupan Dua Keluarga Lansia Ini Gugah Hati PBB Lamteng untuk Berbuat

 2,113 total views

DUA video unggahan akun Facebook Ari Jalan7 tentang keberadaan lima orang lansia (lanjut usia), dua laki-laki dan tiga perempuan (suami, istri, menantu dan saudara), warga RT 01/RW 01, Kampung Terbanggi Besar, Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) membuat Pemuda Batak Bersatu Bersatu DPC Lamteng tergugah hati. 

Seperti diketahui, dalam video tersebut mereka terlihat tinggal dalam satu atap yang sangat memprihatinkan, dimana Mbah Suto selaku pemilik rumah kondisi hanya bisa tergeletak, dan itu sudah berlangsung selama tujuh tahun, akibat penyakit strook.

 

Baca Juga:  Polres dan Dinkes Sambut Kedatangan Sinovac di Kabupaten Luwu Timur

Sementara Ketua RT setempat, Agus Rianto mengungkapkan, dengan keadaan itu istri dari Mbah Suto yang juga sudah tua renta harus banting tulang menjadi buruh tebang tebu di sebuah perusahaan dengan upah 50.000/hari guna memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka berlima.

Lebih memprihatinkan lagi lampu yang dihidupkan dalam rumah itu hanya ada satu, lantaran mereka tak sanggup bayar listrik. Ironis memang, namun itulah kenyataan yang tergambar. “Tepat di muka halaman rumahnya kami temui ada banyak nasi basi yang dijemur dan singkong. Katanya untuk diolah kembali dan dijadikan bahan makanan. Semua lansia yang kami dapati di rumah itu sudah sakit-sakitan. Entah bagaimana mereka melewati hari harinya ke depan,” kata Ketua PBB DPC Lamteng, Firman Siagian.

Merasa prihatin melihat kehidupan mereka, pihaknya pun menindaklanjuti video kedua, yaitu di rumah Mbah Purwanto dan istri Nenek Farida yang diketahui sepertinya mengalami gangguan kejiwaan.

Mereka berdua yang belum dikaruniai anak itu tinggal di rumah yang cukup sempit dan berdampingan langsung dengan kandang kambing. Rumah itupun hasil dari swadaya warga sekitar dan kambingnya hanya titipan orang. Warga sekitar sangat berharap adanya bantuan pemerintah untuk keluarga ini.

Bergerak dari keprihatinan tersebut, Selasa kemarin (10/11/2020), Ketua PBB DPC Lamteng Firman Siagian beserta rekan seperjuangan langsung menyambangi lokasi untuk memberikan bantuan semampunya, juga semangat kepada kedua rumah tangga lansia tersebut.

Warga sekitar juga sangat berterimakasih kepada organisasi PBB Lamteng yang telah rela datang dan memberikan bantuan dan perhatiannya kepada keluarga lansia tersebut.

Baca Juga:  Mayat Pria Ditemukan di Sungai Serayu Perbatasan Purbalingga - Banjarnegara, Sudah Dievakuasi Polisi

Dalam kesempatan ini Ketua PBB DPC Lamteng, Firman Siagian berharap dan mengajak semua pihak, baik institusi ataupun perorangan untuk sudi kiranya membuka hati guna membantu kedua keluarga lansia yang sangat membutuhkan uluran tangan tersebut.

Beberapa saat sebelumnya, Kepala Biro Bhayangkara Nusantara Lamteng juga menyambangi keluarga lansia tersebut guna memberikan sedikit bantuan. Di rumah itu juga sudah kedatangan Kepala Kampung Terbanggi Besar, Haidir beserta jajaran yang juga sedang memberikan bantuan.

“kami akan mengupayakan pembuatan kartu keluarga guna untuk pembuatan BPJS gratis dan akan mengusahakan pula bantuan dari program pemerintah yang ada,” kata Haidir kepada bhayangkaranusantara.com. BoRnok – Lamteng

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
1
+1
0
+1
3
+1
0
+1
0