Kasus PETI Sangihe Kembali Disorot, Berkas Perkara "Udin" Masuk Babak Baru | Bhayangkara Nusantara

Kasus PETI Sangihe Kembali Disorot, Berkas Perkara “Udin” Masuk Babak Baru

 84 total views

KASUS dugaan pengrusakan lingkungan yang pernah dilakukan beberapa kelompok Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) yang di antaranya menyeret salah satu tersangka berinisial ZM alias Udin, warga Kampung Bowone, Kecamatan Tabukan Selatan Tengah, Kabupaten Sangihe kembali disoal dan bakal masuki babak baru.

Kasus PETI ini kembali ramai dibicarakan dan dipertanyakan sejumlah warga karena tersangka ZM Alias Udin sejak awal penyidikan perkara ini dimulai terkesan bebas dan seakan belum tersentuh hukum.

Padahal sejumlah tersangka lainnya yang tertangkap dalam kasus yang sama langsung diproses hukum, bahkan sudah menjalani hukuman.

Kasus PETI yang menyeret tersangka Udin, sebelumnya ternyata berkas perkaranya sudah masuk tahap 1 di Kejari Sangihe, tapi dikembalikan lagi (P18) karena ada beberapa petunjuk dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk melengkapi berkas ini.

Kapolres Sangihe AKBP Tony Budhi Susetyo, SIK ketika dihubungi mengakui kalau berkas perkara kasus ini sudah tahap 1, namun dikembalikan untuk dilengkapi lagi.

“Untuk kasus PETI dari tersangka ZM alias Udin, saat ini kami sedang berusaha melengkapinya,” kata Susetyo kepada bhayangkaranusantara.com, Jumat (23/4/21).

Baca Juga:  Selebgram AK dan Rekannya Akan Jalani Rehab, Polda Metro Jaya: "Proses Kasus Tetap Jalan"
Baca Juga:  Pukul Suami Ancam Bakar Rumah, Wanita Paruh Baya Dilaporkan ke Polisi

Sementara di hari yang sama, Kajari Kepulauan Sangihe Yunardi, SH, MH yang langsung dihubungi membenarkan kalau berkas perkara kasus PETI dengan tersangka ZM alias Udin pernah dilimpahkan ke Kejari Sangihe, namun karena berkasnya masih belum lengkap maka dikembalikan ke penyidik Polres Sangihe untuk dilengkapi.

“Berkasnya pernah kami terima, tapi kami kembalikan lagi dengan P18 dan P19 karena ada beberapa syarat formil maupun materiil yang perlu dilengkapi lagi oleh penyidik,” kata Yunardi.

Selanjutnya Yunardi juga menegaskan jika syarat formil maupun materiil sudah dilengkapi dan berkasnya masuk lagi ke kejaksaan maka kasus ini dipastikan akan segera diproses.

“Ya benar sekali, kasus ini pasti akan segera berproses jika syarat formil maupun materiil sudah dilengkapi penyidik dan berkas perkaranya sudah masuk lagi ke pihak kami,” tegas Yunardi. Andrianto – Sangihe

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0