Kapolres OKU Live Radio Polri, Sebut Pasca Operasi Ketupat Musi-2022 OKU Masih Kondusif

 41 total views

Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo, S.I.K., berbincang secara Live di Polri Radio Presisi dalam program “SIAGA MALAM” yang mengangkat tema membahas Analisa dan Evaluasi Operasi Ketupat Musi 2022, serta Strategi Pemetaan Jalur Rawan Longsor saat melintas di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Kabupaten OKU, Senin (09/05/2022), sekira pukul 19.30 Wib.

Dalam perbincangan secara Live di Polri Radio Presisi ini, Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo membuka acara dengan menyampaikan situasi kamtibmas di Kabupaten OKU Pasca Operasi Ketupat Musi-2022 sampai saat ini masih terpantau aman dan terkendali, serta belum ditemukan kejadian menonjol yang dapat mengganggu situasi kamtibmas di wilayah Kabupaten OKU.

Kemudian, terkait kabar kerawanan paling utama adalah ancaman terorisme. Dimana personel digelar dijalan dengan memberikan pelayanan bahkan di Mako yang melaksanakan penjagaan.

“Strategi kita, dengan mengoptimalkan sinergi TNI-POLRI dan masyarakat sipil untuk melawan semua tindakan teror dan radikal. Serta pentingnya meningkatkan dan mengevaluasi program deradikalisme untuk memutus rantai ideologi radikalisme khususnya di wilayah Kabupaten OKU ,”ujar Kapolres OKU.

Menurut AKBP Danu Agus Purnomo, analisa dan evaluasi Polres OKU setelah lebaran Idul Fitri 1443 H termasuk angka penanganan kasus kriminalitas dan Laka Lantas selama berlangsungnya Operasi Ketupat Musi 2022 terdapat satu Kasus Curat, yaitu Pencurian Hanphone. Kemudian dua kasus narkoba jenis sabu dan dua kasus Laka Lantas dengan keadaan korban meninggal dunia.

Sementara terkait diperbolehkan mudik bagi masyarakat yang masih dalam pandemic Covid-19 yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Polres OKU bekerja sama dengan Satgas Covid-19 dan Dinkes Kabupaten OKU melaksanakan Vaksinasi Massal terhadap masyarakat Kabupaten OKU yang belum divaksin, baik Vaksin dosis 1, 2 maupun 3 (Booster), bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 pada saat libur bersama di hari raya idul fitri 1443 H.

Baca Juga:  Satu Jam Mengaji Bersama Polisi ke 36 Digelar di Masjid Nurul Iman Kebun Jeruk

Kemudian dalam mengantisipasi kerumunan pada liburan lebaran 2022, Polres OKU menghimbau masyarakat agar tetap mentaati Prokes serta tetap menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta sering mencuci tangan.

“Dalam Operasi Ketupat Musi 2022 ini, kami Polres OKU bekerjasama dengan Stekholder Kabupaten OKU dengan melibatkan personel gabungan dari TNI-Polri bersama Sat Pol-PP, Dishub dan Dinkes, BPBD juga Senkom ,”kata AKBP Danu Agus Purnomo.

Dijelaskan Kapolres OKU, para personel gabungan tersebut ditempatkan dibeberapa tempat dalam Operasi Ketupat. Yang mana Polres OKU mendirikan 2 Pos pelayanan, 2 Pos Pam, 4 Pos Terpadu dan 1 Pos Pam Objek Wisata.

Di tempat-tempat tersebut juga diberikan fasilitas Kesehatan dan juga ruangan untuk istirahat bagi pemudik agar tidak kelelahan dan mengurangi resiko kecelakaan, serta menerima laporan pengaduan dari masyarakat terkait adanya tindak pidana.

Selain itu juga diungkapkan Kapolres OKU, jika personel yang berada di Pos-Pos tersebut juga melakukan pengamanan. Salah satunya pengamanan dilokasi Objek Wisata, kemudian melaksanakan turlalin serta menempatkan personel dilokasi rawan kemacetan, rawan tindak pidana, maupun dilokasi rawan longsor dijalan Lintas Sumatera, khususnya di daerah simpang meo Desa Gunung Meraksa, kecamatan Pengandonan, kabupaten OKU.

Sebelum berakhirnya acara ini, Kapolres OKU juga menyempatkan diri menghimbau kepada masyarakat agar mengingat pendemi covid-19 saat ini masih ada. Hal tersebut bertujuan supaya masyarakat yang melaksanakan liburan ditempat wisata maupun perbelanjaaan untuk tetap mematuhi Prokes 5 M.

“Bagi masyarakat yang melaksanakan mudik menggunakan kendaraan pribadi agar berhati-hati diperjalanan dan mematuhi peraturan lalu lintas , apabila Lelah sebaiknya berisitirahat di rest area atau posko pam lebaran yang disediakan Polri guna menghindari kecelakaan lalu lintas.

“Kami menyarankan agar masyarakat yang akan berpergian keluar rumah untuk mengecek kembali fasilitas kelistrikan, kompor, serta mengunci pintu, maupun jendela rumah, guna mengantisipasi terjadinya kebakaran dan tindak pidana pencurian. Sementara untuk hasil koordinasi kami dengan Diknes OKU, alhamdulillah hingga saat ini Covid-19 di Kabupaten OKU Nihil ,”tutup Kapolres OKU.

Komentar Anda
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1