Kapolres Minahasa Hadiri Pembukaan Festival Danau Tondano Tahun 2022 di Astound Hill Peleloan Tondano

MINAHASA – Kapolres Minahasa AKBP Tommy Bambang Souissa,S.Ik menghadiri Pembukaan Festival Danau Tondano Tahun 2022, Kamis (3/11/2022) bertempat di Area Astound Hill Kelurahan Peleloan Lingkungan 1 Kecamatan Tondano Selatan Kabupaten Minahasa.

Event Festival Danau Tondano Tahun 2022 ini dilaksanakan merupakan salah satu rangkaian acara perayaan HUT ke-594 Minahasa.

Kegiatan diawali dengan doa yang dipimpin oleh Pembukaan oleh Pdt. DR. Geovani Rorora, yang sebelumnya diisi dengan ucapan selamat datang dari MC yang dirangkaiakan dengan Penampilan Tarian Kabasaran oleh ormas OKLBI dan penampilan Musik Bambu oleh Sanggar Seni Teratai, serta Tarian Maengket oleh Kalawisen Kali.

Usai laporan dari Panitia Pelaksana, Sekda Kabupaten Minahasa Frits Muntu, S.Sos dan Penampilan Musik Kolintang oleh Ghost Note Tondano, Bupati Minahasa a DR. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si, Ipu. Asean.Eng memberikan sambutannya.

Usai penyampaian dari Bupati Minahasa, kegiatan dilanjutkan dengan sambuta dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang diwakili oleh Direktur Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Hariyanto.

Sementara, Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dalam sambutannya Berharap gelaran Festival Danau Tondano Tahun 2022 akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi di Sulawesi Utara.

“Tentu kita bersyukur karena kita sudah melewati pandemi Covid-19, sehingga kita bisa melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam rangka meningkatkan ekonomi di Provinsi Sulut, termasuk di sektor pariwisata,” ujar Gubernur Olly.
Gubernur Olly berharap, pulihnya sektor pariwisata maupun ekonomi kreatif yang dapat dilihat dari semaraknya berbagai kegiatan kepariwisataan, dapat mendorong kreativitas dan produktivitas dari para pelaku UMKM.
“Atas nama Pemerintah Provinsi Sulut, Saya mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kabupaten dan masyarakat Minahasa atas terselenggaranya Festival Danau Tondano 2022,” tutupnya.
Usai sambutan, Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, SE berkenan membuka pelaksanaan kegiatan Event Festival Danau Tondano Tahun 2022 yang ditandai dengan pemukulan tetengkoren menandakan Festival Danau Tondano 2022 resmi dibuka.
Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan beberapa penampilan pengisi acara, seperti penampilan Musik Kolintang oleh Ghost Note Tondano, Tarian Mamatelu oleh Sanggar Alfalah Jaton, Parade Perahu Hias di seputaran Danau Tondano, Lomba Balap Perahu di Area Menara Pandang Danau Tondano, makan siang bersama, serta Lomba Kuliner.

Baca Juga:  Jelang Hari Anti Madat se-Dunia, Ubhara Surabaya Ikrar Perang Terhadap Narkoba

Kegiatan Festival Danau Tondano Tahun 2022 akan dilanjutkan pada tanggal 4 dan 5 November 2022 di Lapangan God Bless Minahasa dengan kegiatan pameran UMKM, parade lomba bendi hias dan Hiburan rakyat.

Pengamanan dari seluruh kegiatan Festival Danau Tondano Tahun 2022 ditangani langsung oleh personel Polsek Tondano dan personil Satuan Lalu Lintas Polres Minahasa.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Koordinator Event Wilayah II Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Diana Indriati, Kasdam XIII/Merdeka, Brigjen TNI Mochammad Luthfi Beta bersama istri, Danrem 131/Santiago Brigjen Tni Mukhlis, SAP. MM, Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa Dra. Femmy Roring Lumanauw, Wakil Bupati Minahasa DR. Robby Dondokambey, S.Si, -Asisten I Pemerintahan dan Kesra Provinsi Sulut DR. Denny Mangala, M.Si, Bupati Minahasa Selatan Frangky Wongkar, SH, Wakil Bupati Bolmong Utara, Amin Lasena, Ketua DPRD Minahasa Glady Kandouw SE, Kajari Minahasa, Diky Oktavia, SH.MH, Ketua PN Tondano, Kasdim 1302/Minahasa, ayor Inf Vino Satria Onibala S.Pt, Kerukunan Keluarga Kawanua di California Amerika, Jajaran Pemprov Sulut, Jajaran Pemkab Minahasa, serta para tamu dan undangan.

(*BB)

Komentar Anda