Kadis PMD Tekankan Pengaktifan Posko Covid-19 Tingkat Desa/Kelurahan

 102 total views

KADIS Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Halsen, meminta agar desa dan kelurahan diluwu timur segera melakukan Pembuatan Posko Covid-19 serta Recofusing TKDD Tahun 2021.

Hal tersebut Halsen lakukan karena adanya instruksi PLH Sekjen Kemendagri, Hamdani mengatakan berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 3 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro dan pembentukan posko penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian Covid-19.

“Membentuk posko penanganan Covid-19 dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut agar PPKM yang berbasis mikro dilakukan melalui koordinasi antara seluruh unsur yang terlibat mulai dari ketua RT/RW Kepala Desa, Lurah, Tenaga Kesehatan, Penyuluh, Tim Penggerak PKK, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tenaga kesehatan lainnya” jelas.

Baca Juga:  Peduli Covid-19, Kajati dan Ketua IAD Sulut Berbagi Kasih dengan Pegawai dan Masyarakat Manado
Baca Juga:  Siap Tarung dalam Pilkades Drunten Wetan, H. Malik, SE Punya 9 Jurus Sakti

Halsen menyampaikan bahwa kebutuhan pembiayaan dalam pelaksanaan posko penanganan Covid-19 dibebankan pada masing-masing anggaran unsur pemerintah daerah khususnya yang berkaitan dengan APBD.

“Kita sangat berterimakasih dengan telah diterbitkannya Surat Edaran (SE) dari Kementerian Keuangan dalam hal ini Dirjen Perimbangan Keuangan ding SE No. 2 PK/2021 yang dan berkaitan dengan penggunaan dan pemanfaatan Dana Desa yang dibutuhkan berkaitan dengan mendukung PPKM tersebut, dan pada tingkat desa juga telah diterbitkan Instruksi Menteri Desa PDTT No.1/2021,” jelasnya.

Untuk kelancaran dan efektifitas pelaksanaan penanganan Covid-19, dukungan pendampingan dari BPKP yang tentunya melakukan supervisi juga dibutuhkan agar monitoring dalam hal pelaksanaannya. Askar – Lutim

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0