JOS Bertekad Menjadikan Minsel-Mitra Lebih Hebat Maju Terdepan Dan Mandiri

John Ramly Markus Sumual, SE, SH, M.Si atau JOS panggilan akrabnya, memiliki keinginan kuat untuk menjadikan Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dan Minahasa Tenggara (Mitra) lebih hebat lagi, Maju, Terdepan dan Mandiri, menjadi Visi dan Misi, mantan Wakil Ketua Dekab Minsel, bukanlah sebuah ungkapan tanpa makna.

 

Keinginan menjadikan Minsel-Mitra lebih hebat, maju dan mandiri, menjadi tekad seorang JOS, untuk berbuat yang terbaik bagi kedua daerah, dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat, baik dari sisi ekonomi, sosial budaya, pendidikan dan lain sebagainya, menuju masyarakat sejahtera, berkeadilan dan bermartabat.

 

Sebagaimana di kutip dari berbagai sumber, kata Hebat merupakan akronim (kependekkan) dari sejumlah kata yang menunjukkan karakter seseorang yang didorong untuk membangun karakter pribadi masyarakat Minsel-Mitra untuk secara bersama-sama membangun daerah lebih hebat lagi.

 

H adalah akronim Humble-Honest; E, yaitu Excellent; B, yaitu Brave; A, yakni Agile; dan T, yaitu Transcendents

Humble-Honest bermakna rendah hati dan jujur, tidak sombong  menyampaikan sesuatu apa adanya, berdasar kebenaran dan fakta, tanpa dinodai oleh kepentingan-kepentingan yang negatif lainnya.

 

E adalah Excellent. Kata Excellent bermakna, harus memiliki kemampuan yang mumpuni di bidangnya masing-masing, dibekali kemampuan pada setiap bidang sesuai dengan latar belakang keilmuan yang di miliki atau talenta yang dimiliki oleh seseorang.

 

Sementara Brave bermakna berani, berani dapat di artikan sebagai pemberani dan memiliki keberanian dalam memutus sesuatu, berani berbuat dan bertindak  melakukan sesuatu yang mendatangkan manfaat bagi masyarakat luas.

 

Atau dengan kata lain, Berani mengambil kebijakan dan keputusan yang terbaik buat masyarakat, melakukan sebuah problem solving  (pemecahan masalah) di tengah-tengah masyarakat.

 

A adalah Agile, kata Agile bermakna lincah, trengginas, dan cepat, memiliki kepekaan dan eksekusi yang cepat, tanggap terhadap segala bentuk problem yang muncul di masyarakat, memiliki kepekaan dan daya responsif terhadap isu terkini.

Baca Juga:  Awali Kunker di Tahun 2023, Ketum PPWI Sambangi Lapas Narkotika Kelas IIA Cipinang

 

T adalah Transcendent. Artinya, segala sesuatu yang telah dilakukan dan dikerjakan tidak boleh terputus dengan Tuhan, tidak boleh terdapat sekat terhadap Yang Maha Kuasa, selain itu bisa dimaknai pemikiran yang tak terpikirkan sebelumnya.

 

Sementara kata maju lebih bermakna masyarakatnya tidak tertinggal, maju baik dalam hal peradaban, moralitas, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, pengembangan dan peningkatan seluruh potensi yang di miliki dan tetap berpegang pada kearifan lokal tapi tidak menutup diri terhadap nilai-nilai yang positif.

 

Menurut John Sumual, terdepan, bukan berarti merasa superior dari daerah lain akan tetapi terdepan dalam hal yang positif misalnya, aspek pembangunan, baik yang bersifat fisik, berupa infrastruktur, sarana dan pra-sarana publik maupun yang berbau non fisik, seperti misalnya, bidang pendidikan, keagamaan, ekonomi, sosial dan budaya,” terang Sumual.

 

Mandiri, menurutnya, lebih bermakna pada akronim kata, mampu berdiri sendiri di atas kaki sendiri, tidak bergantung dan berharap pada orang lain, mandiri dalam kedaulatan pangan, mandiri dalam hal berinovasi, mandiri dalam pengembangan diri, memiliki ide dan gagasan dalam melakukan terobosan untuk sesuatu yang baru,” jelas JOS, mantan ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Minsel. (John-Sulut)

Komentar Anda