Jelang Porprov, KONI dan Dispora Sangihe Gelar Rakor Bersama 20 Pimpinan Cabor – Bhayangkara Nusantara
Jelang Porprov, KONI dan Dispora Sangihe Gelar Rakor Bersama 20 Pimpinan Cabor

Jelang Porprov, KONI dan Dispora Sangihe Gelar Rakor Bersama 20 Pimpinan Cabor

 132 total views,  1 views today

Kadis PPKA Femmy Montang

JELANG pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulut tahun 2021, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bersama Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Sangihe menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama 20 pimpinan Cabang Olahraga (CABOR) seKabupaten Sangihe, sejak Rabu (2/12/20) di gedung Graha GMIST Imanuel Tahuna.

Rakor tersebut dibuka secara resmi Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana. Hadir secara bergilir memimpin rakor yang rencananya dilaksanakan selama tiga hari, Kadis PPKA Femmy Montang, Kadis Dispora Wandu Labesi dan pihak KONI daerah Kabupaten Sangihe yang diwakili sekretaris, Kristianus Rongkonusa.

Rakor kali ini mengupas tuntas semua permasalahan yang dihadapi masing-masing cabang olahraga serta membahas kesiapan dan strategi pembinaan atlit jadi topik yang alot dibicarakan semua utusan cabor. Untuk Kabupaten Sangihe, tercatat ada 20 kepengurusan cabang olahraga yang eksis melakukan kegiatan.

Hal lain yang jadi sorotan adalah minimnya ketersediaan dana yang bakal disediakan untuk persiapan Porprov 2021. Dijelaskan, kalau dana untuk tim Kabupaten Sangihe hanya berkisar satu miliar rupiah. Sedangkan pada Porprov 2018 lalu diketahui sebesar 1,3 milar rupiah.

Baca Juga:  Warga Tanjunganom Kabupaten Pringsewu Tasyakuran Jembatan Way Tebu II
Baca Juga:  Serahkan Bantuan Sembako Secara Simbolis, GSVL: "Jangan Main-main dengan Data Penerima Bantuan"
Baca Juga:  Di Tengah Covid-19, Kajati Sulut Beri Penghargaan kepada Jaksa dan Pegawai Teladan

Untuk masalah makan minum atlit serta penginapan/tempat tinggal atlit juga jadi salah satu masalah yang dibicarakan secara serius oleh beberapa ketua cabang olahraga.

Ketua Gabungan Bridge Sangihe, Jance Kahumata berharap pihak KONI serta Dinas Pemuda dan Olahraga dapat melakukan terobosan untuk menambah anggaran yang hanya satu miliar tersebut.

Sementara perwakilan Percasi Sangihe mengingatkan hal-hal nonteknis juga sangat berpengaruh terhadap prestasi atlit di lapangan, sehingga makan minum atlit, uang saku atlit dan tempat tinggal atlit yang layak untuk beristirahat dan tidak jauh dari lokasi tempat bertanding harus benar-benar di perhatikan.

Selain itu situasi mental psikologis atlit harus dijaga dengan baik selama kejuaraan. Atlit tidak boleh terlambat makan, dropping makanan atlit harus tepat waktu, menu gisi dan nutrisinya harus seimbang.

Demikian pula dengan para pelatih dan ofisial serta atlit senior yang sudah berumahtangga, harus diperhatikan keluarga yang ditinggalkan selama kejuaraan berlangsung agar tidak menjadi beban mental pada atlit saat turun bertanding.

Hal yang sama juga disampaikan beberapa ketua cabang olahraga sambil berharap ada solusi terbaik yang ditemukan demi peningkatan prestasi atlit atlit daerah Kabupaten Sangihe di pentas olahraga provinsi maupun nasional.

Kegiatan ini berjalan lancar dan aman dengan tetap mentaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Semua peserta wajib cuci tangan, jaga jarak dan kenakan masker yang sudah disediakan oleh pelaksana kegiatan ini. Adrianto – Sangihe

Komentar Anda

Bagaimana Reaksi Anda?
+1
0
+1
0
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0