Jelang Idul Fitri Disperindag Sangihe Sidak, Puluhan Barang Kadaluarsa Disita | Bhayangkara Nusantara

Jelang Idul Fitri Disperindag Sangihe Sidak, Puluhan Barang Kadaluarsa Disita

 58 total views

JELANG perayaan Idul Fitri 1442 H, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sangihe gelar inspeksi mendadak (sidak) di 13 wilayah kecamatan dan menyita puluhan jenis barang dagangan kadaluarsa di pasar, pusat perbelanjaan, toko dan warung kecil.

‌Puluhan jenis barang kadaluarsa yang disita di antaranya minuman botol Coca-Cola, Fanta, Sprite, sejumlah kemasan bumbu dapur, kue dalam kemasan, susu, mie instan, kecap dan berbagai jenis makanan serta minuman dalam kemasan kaleng yang rusak.

Baca Juga:  99% Karhutla di Sumsel Disebabkan Ulah Manusia
Baca Juga:  Bangun Masjid dan Sekolah di Bogor Prosesnya Mudah, Kota Bekasi?

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindag Sangihe Ferra Massoa mengatakan, sidak ini dilaksanakan seminggu yang lalu dan pihaknya melakukan sidak ini saat menjelang perayaan Idul Fitri untuk memastikan agar tidak ada masyarakat atau konsumen yang dirugikan. Mengingat saat menjelang lebaran biasanya terjadi peningkatan permintaan barang.

“Harus diakui masih ada pedagang atau pemilik pusat perbelanjaan entah sengaja atau tidak masih memajang produk barang yang sudah kadaluwarsa sehingga tim kami langsung menyita barang barang kadaluarsa tersebut agar tidak ada masyarakat yang menjadi korban,” tutur Massoa saat ditemui bhayangkaranusantara.com Sangihe, Senin (3/5/21)

Dijelaskan juga bahwa tindakan yang dilakukan sudah sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang ada untuk memperingatkan pengusaha atau pemilik pusat perbelanjaan agar lebih teliti lagi dalam memajang atau menjual barang dagangan kepada konsumen.

Baca Juga:  Jelang Hari Raya Idul Fitri, Bupati Budiman Sidak Pasar dan Toko, Imbauannya Tegas

“Sesuai tugas pokok dan fungsi kami telah memberikan teguran secara berjenjang mulai dari teguran pertama sampai sanksi tegas seperti Pencabutan Izin Usaha Perdagangan (SIUP) apabila tidak mengindahkan teguran,” tegas Massoa.

Memang masih ada beberapa toko atau tempat perbelanjaan yang kedapatan masih menjual barang kadaluarsa, meski pada saat sidak di tahun yang lalu sudah ditemukan hal yang sama.

Untuk hal-hal yang seperti ini kami telah layangkan teguran kedua dan jika masih kedapatan lagi akan kami susul dengan teguran ketiga dan selanjutnya sanksi berat pasti menanti,” ujar Ferra Massoa. Adrianto – Sangihe

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0