Jadi Orang Nomor 1 di Korps Bhayangkara, Kapolri Listyo Ternyata dari Keluarga... | Bhayangkara Nusantara

Jadi Orang Nomor 1 di Korps Bhayangkara, Kapolri Listyo Ternyata dari Keluarga…

 2,392 total views

DILANTIK Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu pagi (27/1/21) kemarin, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo akhirnya resmi jadi orang nomor satu di Korps Bhayangkara menggantikan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis.

Baca Juga:  Akhirnya, Kapolri Baru Resmi Dilantik, "Selamat Jenderal...!!!"
Baca Juga:  Dilantik Presiden, Ini Janji Kapolri Baru Saat Ucapkan Sumpah Jabatan

Dalam rekam jejaknya selama di Korps Bhayangkara, sederet jabatan pernah disandang mantan Kabareskrim Polri itu.

Listyo memulai karirnya dari Pamapta di Polrestro Tangerang. Polisi kelahiran Kota Ambon, Maluku ini pernah menjabat Kapolres Pati dan Kapolres Solo, Jawa Tengah.

Menariknya, jenderal bintang empat ini juga sempat dipercaya sebagai ajudan Presiden Jokowi. Kemudian menjadi Kapolda Banten, Kadiv Propam dan jabatan tertinggi sebagai Kabareskrim Polri sebelum menjadi Kapolri

Meski demikian, siapa sangka kalau Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo ternyata putra seorang prajurit TNI AU. Ayahnya adalah Mayor Sutrisno yang pernah berdinas di Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta.

Latar belakang Listyo Sigit ini menjadi catatan sejarah tersendiri. Datang dari keluarga AU beralamatkan resmi di Lanud Adi Sutjipto Blok P-1 Yogyakarta. Ini tercatat dalam Akademi Kepolisian.

Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah membenarkan hal itu. “Betul, Pak Kapolri yang baru dilantik merupakan putra personel Angkatan Udara,” kata Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, Rabu (27/1/21).

Hal sama juga tertulis dalam album kenangan masa SMA. Dalam potret lawas itu, Listyo Sigit disebut tertulis “Akpol”, menandakan dia melanjutkan pendidikan lanjutan yang akan ditempuhnya. Sementara foto teman-temannya tertulis nama universitas yang akan dituju.

Sigit sendiri merupakan kelahiran Ambon Maluku, 5 Mei 1969. Ia lulusan SMAN 8 Yogyakarta dan Universitas Indonesia yang menjadi Kapolri ke 25 sejak dilantik 27 Januari 2021. BN01 – JAKARTA

Komentar Anda
+1
1
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0