Inovasi dan Terobosan Kreatif Satreskrim Polres Boyolali Tingkatkan Pelayanan Masyarakat – Bhayangkara Nusantara

Inovasi dan Terobosan Kreatif Satreskrim Polres Boyolali Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

 207 total views,  2 views today

KARAKTERISTIK Kabupaten Boyolali sebagai kabupaten penyangga ibukota Provinsi Jawa Tengah dengan mayoritas masyarakat agamis dan berada di jalur yang stretegis memiliki dampak pada tingginya angka kejahatan, terutama kejahatan jalanan (conventional crime) seperti Curat, Curas dan Curanmor (3C) yang bila tidak ditangani dengan baik akan mengakibatkan terjadinya fear of crime di masyarakat.

Selain itu Boyolali sebagai kabupaten yang perkembangan ekonominya cukup dinamis, masyarakatnya juga rentan terhadap perkara penipuan dan penggelapan, baik terkait transaksi online, juga terhadap berbagai bentuk investasi yang tidak benar.

Semua bentuk kejahatan yang terjadi di wilayah Kabupaten Boyolali tersebut harus dikelola dengan pendekatan Manajemen Reskrim yang tepat, yang diaplikasikan dengan menyusun perencanaan program yang strategis, pengorganisasian yang baik, pelaksanaan tugas yang optimal dan pengawasan yang melekat oleh semua lapis pimpinan struktural.

Selain itu juga perlu didukung inovasi pelayanan publik yang dapat membantu masyarakat dengan tujuan terciptanya penegakan hukum yang berkeadilan dan transparan, sehingga masyarakat yang berurusan dengan Satreskrim Polres Boyolali dalam hal melaporkan terkait perkara pidana bisa mengetahui perkembangan laporannya secara cepat dan akurat.

Untuk itu, Satuan Reserse Kriminal Polres Boyolali membuat terobosan kreatif dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Salah satunya peluncuran program aplikasi Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) berbasis online.

SP2HP merupakan hak pelapor untuk mengetahui sejauh mana tindak lanjut dari perkara yang ditangani oleh penyidik. Dengan web berbasis aplikasi ini masyarakat dapat mengetahui perkembangan kasusnya dengan cepat dan akurat.

Kasatreskrim Polres Boyolali Iptu Tohari, SH mewakili Kapolres Boyolali AKBP Rochmad Nur Hidayat, SH, SIK mengatakan, pihaknya membuat Inovasi dan terobosan ini dengan tujuan memudahkan masyarakat (pelapor-red.) dapat membuka web/login Reskrim, tanpa harus keluar rumah atau datang ke Polres.

Baca Juga:  Naik Tingkat, Posisi Pejabat Utama di Polresta Cirebon Berubah

“Tentunya dengan waktu yang cepat dan tepat bisa melihat perkembangan laporanya, apalagi masih musim pandemi Covid-19 seperti ini,” ujar Kasatreskrim.

Untuk dapat memantau perkembangan kasus, masyarakat dapat mengakses login ke http://satreskrimboyolali.com/, maka akan muncul tampilan layanan SP2HP Online Satreskrim Polres Boyolali.

Setelah itu masyarakat dapat secara langsung memonitoring perkembangan kasus yang mereka laporkan dengan cara memasukkan data pada kolom layanan SP2HP Online yang meliputi Nomor Token/Kode Verifikasi Pelapor yang telah diberikan penyidik. Selanjutnya klik tombol cek dan klik tombol lihat untuk melihat dokumen SP2HP.

Website berbasis aplikasi ini dikelola oleh admin anggota Satreskrim. Di sisi lain pelapor tidak perlu khawatir, karena yang dapat melihat perkembangan kasus dalam aplikasi ini hanyalah pelapor. Aplikasi ini memiliki lima kotak progres SP2HP online. Antara lain, Kotak A1: hasil penelitian laporan, kotak A2: tidak dapat di tingkatkan ke penyidikan, kotak A3: dapat ditingkatkan ke penyidikan, kotak A4: progres penyidikan dan kotak A5: surat penghentian penyidikan (SP3).

SP2HP Online ini merupakan upaya Satreskrim Polres Boyolali guna memberikan kemudahan pelayanan publik selanjutnya diharapkan dapat memberikan kemudahan dan transparansi kepada masyarakat terkait proses penanganan perkara. Sam – Boyolali

Komentar Anda

+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1