Ini Enam Masalah yang Dihadapi Polri dan Instansi dalam Pelaksanaan Tugas Polsus – Bhayangkara Nusantara

Ini Enam Masalah yang Dihadapi Polri dan Instansi dalam Pelaksanaan Tugas Polsus

 229 total views,  1 views today

KAKORBINMAS Baharkam Polri diwakili Kombes Pol Nanang Purnomo, SH, MH membuka Rapat Analisa dan Evaluasi (Anev) tentang Pelaksanaan tugas Kepolisian Khusus (Polsus), Senin (14/12/20) di Hotel Diradja, Jakarta Selatan. Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Dirbinmas Polda Metro Jaya Kombes Pol Badya Wijaya, SH, MH.

Dalam amanat Kakorbinmas Baharkam Polri yang dibacakan Kombes Nanang dijelaskan bahwa tujuan rapat evaluasi adalah untuk membangun sinergi dan kemitraan dalam rangka penerapan implementasi operasional pelaksanaan fungsi Kepolisian yang diemban oleh Kepolisian Khusus.

Baca Juga:  Wujudkan Pelayanan Bersih Dari KKN, SSDM Polri Canangkan Zona Integritas
Baca Juga:  Kapolda Kalteng Tinjau Lokasi Rencana Pembangunan Gedung Paviliun VVIP RS Bhayangkara

“Agar implementasi Kepolisian Khusus yang meliputi pengamanan, pencegahan, penangkalan dan penindakan nonyustisil yang dapat dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang undangan yang menjadi dasar hukum maaing masing, di samping itu merupakan sarana diskusi bàgi instansi yang belum mempunyai Kepolisian Khusus, namun telah melaksanakan tugas Kepolisian Khusus,” kata Kombes Nanang Purnomo.

Adapun permasalahan yang dihadapi internal Polri dan Instansi saat ini sebagai berikut:

  1. Pendidikan dan Pelatihan Kepolisian Khusus belum terlaksana sesuai dengan Peraturan Kapolri No. 2 Tahun 2014, karena dukungan anggaran belum mencukupi untuk dilaksanakan Diklat Polsus di Lembaga Pendidkan Polri, sehingga pelaksanaan Diklat  Polsus dilaksanakan di Lemdik Instansi pemohon, dengan Instruktur fungsi Kepolisian dari SPN Polri.
  2. Korbinmas Baharkam Polri Polri telah menyelenggarakan Diklatbang Polsus tetapi modul (bahan ajar) belum ada, demikian juga dengan Diklatpim.
  3. Pemasangan atribut Polsus yang belum sesuai ketentuan.
  4. Masih terdapat instansi yang melaksanakan fungsi Kepolisian dalam menegakkan peraturan perundangan-undangan masing-masing tetapi belum membentuk Kepolisian Khusus
  5. Masih adanya kendala tentang regulasi di instansi yang belum membentuk Kepolisian Khùsus seperti Satpol PP, Imigrasi, Lapas, Minerba dan instansi lainnya.
  6. Sosialisasi Internal Polri tentang regulasi Kepolisian Khusus belum sampai tingkat polres.

BN01 – Jakarta

Komentar Anda

+1
0
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
1