Harga Anjlok Drastis Tak Sesuai Pasaran, Petani Garam di Indramayu Gulung Tikar | Bhayangkara Nusantara

Harga Anjlok Drastis Tak Sesuai Pasaran, Petani Garam di Indramayu Gulung Tikar

 181 total views

PARA petani Garam di Blok Kertasari, Desa/Kecamatan Losarang Indramayu, Jawa Barat mengeluhkan harga garam anjlok drastis sekitar 300 rupiah perkilo, Rabu (25/11/20).

Dengan harga garam yang tak sesuai dari pasaran itu, banyak sekali petani garam hampir seluruhnya gulung tikar alias bangkrut. Saat cek ke lokasi ke lapangan, bhayangkaranusantara.com menemukan banyak proses pembuatan garam yang tercecer hampir di setiap badan jalan.

Tumpukan garam yang tercecer.doc
Baca Juga:  Rusak Parah: Saat Hujan Seperti Empang dan Kubangan Kerbau, Ada yang Tahu Jalan Ini?
Baca Juga:  Lagi, Kabupaten Klaten Tambah 1 Pasien Positif Covid-19

Banyaknya tumpukan garam belum siap edar ke pasaran itu karena minimnya harga jual. Hal ini dibenarkan Ajid, salah seorang petani garam di Blok Kertasari. “Ya Pak saat ini harga garam dari petani dibeli cuma 300 rupiah per kilo. Untuk kembali modal saja susah,” ungkapnya, Kamis (26/11/20).

Dalam hal ini, mewakili petani garam Indramayu khususnya di Desa Losarang, ia meminta kepada Dinas Perdagangan untuk segera memikirkan nasib para petani garam agar bisa menaikan harga. “Sesuai seperti kemarin sebesar 700 rupiah atau kalau bisa seribu perkilo,” kata Ajid.

Tumpukan garam yang tercecer di badan jalan yang belum siap edar.doc
Baca Juga:  Asal Jadi, Pembangunan Pasar Kuliner Barunak Tanjung Tahap II Terindikasi KKN

Di saat yang sama, Tim LSM LIPAN DPW Jawa Barat melalui Kepala Bidang Investigasi, Drs. Nugroho Heru Iriyanto menanggapi hal ini. “Insya Allah Lembaga Independen Pemantau Anggaran Negara (LIPAN) Jawa Barat akan membantu para petani garam tersebut ke Kementerian Perdagangan agar mereka bisa produksi lagi,” katanya.

“Saya memohon supaya harga kembali normal seperti biasanya dengan harga sebesar 700 rupiah sesuai tuntutan para petani garam tersebut,” kata Drs Nugroho Heru Irianto, Atim Sawano – Indramayu

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
2
+1
0
+1
0