Gubernur Diminta Taat Azas Dalam Hal Promosi Dan Penjejangan Karier ASN

 248 total views

 

Bhayangkaranusantara.com,-Saya memahami persis hak Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dalam hal promosi dan penjenjangan pejabat struktural untuk menduduki jabatan setingkat lebih tinggi dari sebelumnya

Misalnya, pejabat eselon tiga naik setingkat menjadi pejabat eselon dua tak di pungkiri adalah merupakan kewenangan Gubernur OD,” ucap Eugenius Paransi, SH, MH.

Baca Juga:  Ranperda APBD sangihe 2022 di sorot dalam Pemandangan umum . 4 menerima 1 fraksi menolak.

Itulah sebabnya saya tak ingin masuk ranah tersebut tapi, sebagai bagian dari masyarakat Nusa Utara saya harus berbicara bahwa, birokrat Nusa Utara ada di sejumlah daerah, dan saat ini tengah memangku posisi penting.

Mereka itu antara lain, Sekertaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sangihe, Ir. Herry Wolf, M.Si dengan pengalaman jabatan yang mumpuni yakni, 15 tahun Kabid Bina Marga kemudian di promosi sebagai Kadis PU Sangihe.

Baca Juga:  Atlit Bulutangkis Greysia Polii Dapat Dukungan Walikota Tomohon Caroll Senduk Dan Wakil Walikota Wenny Lementut

Selanjut memangku jabatan sebagai Kaban BAPPEDA berselang kemudian Wolf di promosi sebagai Ass III dan beberapa waktu berselang Wolf di-tunjuk sebagai PLT Sekda, oleh Bupati Yabes Gaghana menggantikan posisi Edwin Roring.

Nama lainnya yang juga mumpuni dan layak di-lirik OD SK yakni, Drs. Umbase Mayuntu, M.Si, Inspektur Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dan juga sebagai wakil ketua IKISST Minut, soson berwibawa, tegas dalam kepemimpinannya.

Umbase sering tampil sebagai sosok orang tua yang mengayomi segenap jajarannya, dalam suasana santai Umbase seperti tak berjarak dengan para bawahannya, dia juga di kenal sebagai sosok yang tak segan-segan berbuat baik bagi orang lain.

Sementara birokrat lainnya yang dinilai mumpuni yakni, Johnly Tamaka, SE mantan Kaban BKAD Kota Manado, punya segudang pengalaman dalam hal tata-kelolah keuangan, barang dan aset milik Pemkot Manado, “bersih” dan berintegritas.

Koordinator Pria Kaum Bapa (PKB) GMIM Wilayah Bitung itu, merupakan pribadi yang rendah hati, dalam hal berbuat dia satu-satunya pejabat di lingkungan Pemkot Manado yang ber-empati dengan orang lain ,” jelas Sasauw

Birokrat lainnya yang layak di pertimbangkan Gubernur OD yaitu, Sekdiknas Kota Manado, Drs. Pontowuysang Kakauhe, sosok yang berhasil meloloskan enam atlik pencak silat di ajang pra kualifikasi PON Papua 2020.

Mantan Kabid Olah-raga Dikpora ini juga merupakan pelatih Silat bersertifikat Nasional dan yang lebih membanggakan lagi, Kakauhe di-kenal sebagai wasit Pencak Silat bersertifikat Internasional.

Sesuai informasi yang di himpun media ini, lelaki kelahiran Manalu Kabupaten Sangihe yang kini tengah menjabat Sekdinas Kota Manado merupakan Dewan Pendekar dan Guru Besar Pencak Silat Provinsi Sulawesi Utara.

Baginya tak mengenal kata mundur atau gentar jika membela sesuatu yang benar, Putra kelahiran Manalu, Kabupaten Sangihe, dalam hal tugas, kerja serta pengabdiannya tak di-ragukan lagi, dia sosok ulet dan pekerja keras,” ujar Paransi

Dibagian lain Paransi meminta Gubernur Olly Dondokombey agar taat azaz dan mematuhi peraturan perundang-undangan dalam hal penjenjangan dan promosi ASN sebagaimana yang di amanatkan UU Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN.

Lebih melihat Background dan track record seorang ASN yang bakal di promosi apakah telah memenuhi standart, kompetensi, berbobot, berintegritas, berprestasi didalamnya dedikasi dan loyalitas dan memiliki pengalaman jabatan yang mumpuni,” ucap Paransi, mengingatkan.

Merit sistim hendaknya menjadi acuan dalam proses rekrutmen, merit sistim adalah, proses mempromosikan dan merekrut pegawai pemerintah berdasarkan pada kemampuan mereka untuk melakukan pekerjaan, bukan pada koneksi politik mereka,” ujar Paransi.

Merit sistim juga adalah kebijakan dan Manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil, wajar, tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan, umur, atau kondisi kecacatan,” sebut Paransi. (John-Sulut)

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0