GSVL Ajak Warga Optimis dan Tetap Bersama Hadapi Covid-19

 305 total views

WALIKOTA Manado DR. Ir. HS.Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA (GVSL) mengajak masyarakat Kota Manado tetap optimis dan selalu ada dalam kebersamaan saat dunia dilanda wabah pandemi Covid-19 yang telah membuat semua lini kehidupan menjadi terguncang.

Demikian pula halnya dengan kondisi sosial ekonomi Kota Manado juga ikut dibuat terdampak, seluruh fasilitas publik, pusat perbelanjaan, tempat-tempat wisata dan sarana hiburan ditutup guna menekan laju persebaran Covid-19, tapi pada kenyataannya jumlah kasus orang yang terpapar semakin hari kian meningkat.

Jika seorang Walikota sempat melontarkan ungkapan keprihatinan saat melihat situasi negeri ini, khususnya Kota Manado tengah berada pada situasi yang penuh ketidakpastian sangatlah beralasan, ketika penanganan Covid 19 belum menunjukan hasil maksimal karena protokol kesehatan tidak sepenuhnya ditaati.

Sementara dampak penutupan pusat-pusat perbelanjaan dan kegiatan ekonomi lainnya membuat persoalan tersendiri bagi karyawan yang dirumahkan, mereka berharap Walikota dapat memberi solusi terhadap kesulitan hidup yang menderah mereka, setidak-tidaknya menyangkut kebutuhan hidup sehari-hari.

Walikota Vicky Lumentut tak menampik dengan kesulitan yang dialami pekerja swasta yang dirumahkan, tapi juga harus memahami bahwa sampai saat ini pusat perbelanjaan, destinasi wisata dan sarana hiburan belum diizinkan beroperasi bukan karena kemauan Walikota, tapi semata demi keselamatan masyarakat Kota Manado.

Memang jika pemerintah dihadapkan dengan pilihan, antara memilih perputaran roda ekonomi di satu sisi atau di pihak lain mendahulukan keselamatan warga, menempatkan pemerintah berada pada posisi serba-salah, ekonomi-kah atau keselamatan warga. Namun demikian, pemerintah tentu punya kiat-kiat bagaimana mensiasatinya.

Misalnya New Normal (Normal Baru), salah-satu solusi bijak buat masyarakat untuk kembali beraktifitas secara normal dalam tatanan hidup baru, yakni meninggalkan cara hidup lama menuju pola hidup baru. Meskipun di tengah-tengah aktifitas pekerjaan hal penggunaan masker, sering cuci tangan, jaga jarak fisik dan tetap jaga kesehatan, harus menjadi kebiasaan sehari-hari.

Baca Juga:  Royke Roring dan Caroll Senduk Ikut Bakti Sosial Bersama DPC PDI-P Kota Bitung

Kota Manado saat ini ada dalam tahap sosialisasi, yakni mengedukasi masyarakat menghadapi new normal dengan pola pikir (paradigma) dan cara pandang (mindset) baru bahwa hanya dengan mematuhi dan membiasakan diri menerapkan protokol kesehatan, maka tak mustahil pusat-pusat perbelanjaan dan kegiatan ekonomi lainnya akan normal kembali.

Menurut Vicky Lumentut, di tengah situasi yang penuh ketidakpastian seperti sekarang ini, semua harus tetap bersama-sama dengan penuh rasa optimis untuk melewati pandemi ini.

“Tugas kami selaku Pemerintah Kota Manado adalah memastikan masyarakat tetap terlayani dengan baik,” pungkas-Nya. Jola – Manado

Komentar Anda
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1