GERMAS Penguatan UKBM Digelar, Zaezura Jadi Narasumber – Bhayangkara Nusantara

GERMAS Penguatan UKBM Digelar, Zaezura Jadi Narasumber

 134 total views,  1 views today

KETUA Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangkalan, Zaenab Zuraidah Latif, SE hadir sebagai narasumber dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) penguatan Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan di Gedung PKPRI Bangkalan, Selasa (20/10/20).

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan, H. Sudiyo, SKep, Ns, MM didampingi Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Hj. Binti Sholikhah, STP, MM.

Pada kesempatan tersebut, Zaenab yang akrab disapa Zaezura menyampaikan pentingnya sinergitas dalam Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran, kemauan serta kemampuan masyarakat dalam rangka mengenal, mengatasi, memelihara, melindungi dan meningkatkan kesejahteraan mereka sendiri.

Baca Juga:  Tindakan Preventif Cegah Corona, Babinsa 13/Nogosari Inisiatif Buat Bilik Sterilisasi Pintu Masuk Desa

Penguatan dalam upaya dari semua sistem tersebut, kata Zaezura yang juga istri Bupati Bangkalan, adalah sinergitas seluruh lintas sektor dari Kabupaten khususnya ibu Ibu yang hadir, di antaranya Ketua TP PKK 18 Kecamatan, Ketua Muslimah, Ketua Fatayat, para kader dan Pramuka, yang nantinya juga harus melibatkan karang taruna desa/pemuda desa. Ini semua adalah penggerak untuk perubahan Bangkalan menjadi lebih baik dan maju menuju Bangkalan Sejahtera.

Dalam membangun upaya butuhnya sinergitas seluruh lintas sektor yang ada, Zaenab sendiri sudah jalankan sebelum adanya giat UKBM ini, yaitu membuat pilot project memanfaatkan tanah/lahan tidak terpakai untuk pemanfaatan limbah sampah sebagai taman desa, taman kecamatan dan ini akan dimulai di pendopo taman pendopo dengan warna warni mewujudkan keindahan yang luar biasa. Doakan dua minggu ini sudah jadi bisa, dilakukan di 281 desa dengan pemanfaatan limbah sampah, yang peruntukannya untuk masyarakat dari masyarakat kembali ke masyarakat.

Baca Juga:  TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2020 di Kecamatan Tangen, Sragen Ditutup

“Kalau desanya indah siapa yang menikmati? Kalau ada taman desa, senang tidak masyarakatnya? siapa yang harus menjaga, mempunyai, rasa memiliki dan memelihara kalau desanya indah bagus? Dengan adanya taman desa ini ketika jadwal posyandu orang hadir tanpa dibujuk rayu, taman posyandunya ditaruh di taman desa. Di taman desa banyak jualan, tumbuhlah UKM desa, terjadi perputaran ekonomi. Di sana kalau sudah masyarakat pada suka dan yang mampu pada beli,” ungkapnya, seraya mengatakan, dari taman desa tersebut sudah terbentuk UKBM.

Zaezura juga berpesan pentingnya membangun imun tubuh sehat dan produktif, selalu tanamkan Bahagia, dalam kondisi apapun harus selalu bahagia. “Serentak mengucapkan saya bahagia dan saya penebar bahagia,” tutupnya. WAID – BANGKALAN

Komentar Anda

+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0