Gelar Rakorev, Bapelitbang Sangihe Kupas Tuntas Problem Penanggulangan Kemiskinan – Bhayangkara Nusantara
Gelar Rakorev, Bapelitbang Sangihe Kupas Tuntas Problem Penanggulangan Kemiskinan

Gelar Rakorev, Bapelitbang Sangihe Kupas Tuntas Problem Penanggulangan Kemiskinan

 87 total views,  1 views today

BADAN Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kabupaten Kepulauan Sangihe menggelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev) penanggulangan kemiskinan daerah dengan mengupas tuntas semua persoalan yang ada, bahkan menyiapkan strategi dan mantapkan program penuntasan kemiskinan, Kamis (10/12/20) di gedung Papanuhung Santiago rumah jabatan Bupati.

Rakor dipimpin langsung Sekretaris Kabupaten Sangihe, Harry M. Wollf dan Kepala Bapelitbang, Felix Gaghaube sebagai pelaksana kegiatan dengan peserta terundang seluruh kepala dinas dan badan, asisten, inspektur, staf ahli, kasatpol PP, dirut RSD, camat se-kabupaten dan seluruh Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang ada di 15 kecamatan.

Berbagai masalah kemiskinan alot dibahas secara bergilir sejak rapat dimulai pada pukul 10.00 hingga selesai pada pukul 14.00. Semua OPD tekhnis terkait masalah penanggulangan kemiskinan diberikan kesempatan menyampaikan presentase masalah dan program secara bergantian.

Data stastik kependudukan dan presentase penduduk miskin disampaikan pihak Badan Pusat Statistik, selanjutnya data miskin yang ada dalam Basis Data Terpadu (BDT) maupun yang sudah berubah menjadi DTKS serta data penerima program komunitas adat terpencil dan berbagai program penanggulangan kemiskinan melalui Kemensos dijelaskan Kadis Sosial Kabupaten Sangihe, Danny Mandak.

Baca Juga:  Komisi III DPRD Minta Pemkot Tomohon Jelaskan ke Publik Detail dan Menyeluruh Terkait Kasus Positif Covid-19
Baca Juga:  Luar Biasa, Aktifitas Super Padat, Istri Bupati Bangkalan Tetap Tekuni Kebiasaannya Ini

Data penerima program bantuan KAT dan RTLH Kemensos juga sempat dipertanyakan untuk sinkronisasi data di lapangan oleh beberapa dinas. Begitu pun program bantuan penanggulangan kemiskinan yang ada pada Dinas Pertanian dan Dinas Kelautan Perikanan dipresentase dan dievaluasi dengan baik. Selanjutnya berbagai dana bantuan pendidikan seperti dana BOS dan lain-lain yang ada di Dinas Pendidikan juga dievaluasi bahkan sempat disorot sejumlah peserta.

Sementara di Dinas Kesehatan program BPJS Kesehatan dan sejumlah program lainnya yang harusnya dipresentase dan dievaluasi. Namun pada sesi ini Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten sangihe, Dr. Joppy Thungari tiba-tiba menghilang, meski pada awal kegiatan ini terpantau hadir.

Sedangkan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sangihe mengingatkan pentingnya data keluarga miskin by name – by adrees yang akurat dalam setiap program penanggulangan kemiskinan agar pemberian bantuan pemerintah selalu tepat sasaran. Adrianto – Sangihe

Komentar Anda

Bagaimana Reaksi Anda?
+1
0
+1
2
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0