Gapura Kearifan Lokal Cinta Negeri Indonesia di Desa Cibuntu, Purwakarta – Bhayangkara Nusantara

Gapura Kearifan Lokal Cinta Negeri Indonesia di Desa Cibuntu, Purwakarta

 294 total views,  1 views today

SAMBUT Hari Ulang Tahun (HUT) ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia, Gapura Lorong “Cinta Negeri Indonesia” di Desa Cibuntu, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta mengangkat kearifan lokal dengan menggunakan bahan bambu yang ada di hutan desa tersebut.

Menariknya, bahan yang digunakan untuk membuat gapura tersebut juga berasal dari kebun warga dan yang mengerjakan warga bersama Kades Cibuntu, Ihwanudin, yang turun langsung dalam merancang sekaligus pencetus ide pembuatan gapura tersebut.

Selain dibuat secara gotong royong oleh warga Cibuntu, gapura ini sebagai bentuk rasa syukur dalam meramaikan HUT ke 75 RI. Gapura ini didominasi dan dihiasi lambang Garuda miniatur. Tak ketinggalan, untuk menambah kesan cantik dipasang lampu hias pada gapura tersebut.

“Alhamdulilah, karya bersama kami ini selesai,” ucapnya Ihwanudin kepada awak media, minggu (16/8/2020).

Ihwanudin mengatakan, dalam pembuatan gapura kearifan lokal negeri ini setiap warga diminta berpartispasi. “Setelah musyawarah dengan masyarakat Cibuntu, akhirnya ide pertama dari Kades Cibuntu dan kita sepakat mengangkat tema kearifan lokal bikin gapura,” jelasnya.

Pembangunan gapura yang dihiasi bambu seni mengikat dengan bagian atas seni pake injuk ini, berasal dari dana sumbangan warga Cibuntu, karena mayoritas bahan yang digunakan merupakan bambu dari kebun warga.

“Alhamdulillah tahun kemarin juga kami meraih juara umum piala bergilir lomba karnaval di 17 Agustus. Untuk sekarang terkait Covid-19 tidak bisa dilakukan kegiatan seperti pawai seperti tahun kemarin,” imbuhnya.

Ihwanudin, menambahkan, gapura ini dari bambu ini agar sejajar dengan kearifan lokal. Membangun kerjasama di antara semua lapisan masyarakat sebagai bentuk persatuan dan nasionalisme di desanya.

“Dengan harapan agar masyarakat Cibuntu berkreasi dalam mengisi kemerdekaan,” ujar Ihwanudin. Acep – Purwakarta

Komentar Anda
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1