Evaluasi Lomba Desa-Kampung Berprestasi 2021 di Lampung Tengah, Ada 10 Nominasi Terbaik | Bhayangkara Nusantara

Evaluasi Lomba Desa-Kampung Berprestasi 2021 di Lampung Tengah, Ada 10 Nominasi Terbaik

 226 total views

BERDASARKAN ketentuan, jadwal perlombaan Desa-Kampung di Kabupaten Lampung Tengah Tahun Anggaran 2021 sudah dimulai. Kali ini evaluasi dan penilaian dilakukan di Kampung Sidorejo, Kecamatan Bangunrejo, Kabupaten Lampung Tengah, Selasa (27/4/21).

Dalam kesempatan evaluasi tersebut hadir Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Lampung Tengah Mardiyana Musa Ahmad, anggota DPRD Kabupaten Lampung Tengah Aida, S.IP, Kepala Dinas PMK Drs. Firdaus dan Wakil Ketua TP PKK Yulita Nirlan.

Hadir juga Camat Bangunrejo M. Saleh PS, S.Sos, MM, Kapolsek Bangunrejo, AKP Ridho Rafika, SH, MM, Danramil Bangunrejo Kapt Saifu Rahman, Kepala Kampung Sidorejo Mujio, Tim Penilai Lomba Kampung Kabupaten Lampung Tengah serta seluruh tim peserta Lomba Kampung Sidorejo.

Baca Juga:  Rayakan HUT ke 13, Gerindra Sangihe Gelar Aksi Sosial Kemanusiaan Peduli Berbagi Kasih
Baca Juga:  Kombes Pol Edy: "Selamat Atas Dilantiknya Irjen Pol Gatot Jadi Ketum PMRJ"

Dalam sambutan singkatnya, Mardiyana Musa Ahmad yang juga isteri Bupati Lampung Tengah mengatakan, TP PKK di setiap kampung harus bisa menjadi salah satu garda terdepan dalam meningkatkan ekonomi rakyat melalui kegiatan yang sudah dicanangkan di setiap kecamatan/kampung di Kabupaten Lampung Tengah.

“Semoga peserta dalam lomba kampung berprestasi ini bisa menjadi salah satu pemenang di tingkat Provinsi bahkan sampai tingkat Nasional, agar pemerintah pusat memperhitungkan serta mempercepat pembangunan insfrastuktur dan pengembangan ekonomi rakyat di Kabupaten Lampung Tengah,” tutup Mardiayana.

Sementara di sela kegiatan evaluasi dan penilaian tersebut tersebut, Kepala Dinas PMK Drs. Firdaus kepada bhayangkaranusantara.com mengatakan, tim penilai turun ke lapangan Kampung Sidorejo melakukan evaluasi perkembangan Kampung Sidorejo. “Hal ini didasarkan pada Permendagri 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dam Kelurahan,” kata Firdaus.

Firdaus menjelaskan, dari 301 kampung dan 10 kelurahan yang ada di Lampung Tengah ini sudah dilakukan evaluasi lebih baik. Pemda Lampung Tengah dalam hal ini Dinas PMK beserta tim untuk ke 301 kampung dari masing-masing kecamatan terus melaksanakan evaluasi guna mendapatkan kampung mana yang layak diusulkan berdasarkan evaluasi di tingkat Kecamatan ini.

“Maka dari 28 kecamatan, berarti dari 28 kampung telah kita nilai secara portopolio profil kampung mereka yang sudah ditentukan Pemerintah Kabupaten/Dinas PMK menjadi 10 besar yang masuk dalam nominasi, salah satunya Kampung Sidorejo ini,” imbuhnya.

Dari 10 besar itu, maka akan dilakukan peninjauan lapangan, melihat kembali kesesuaian yang dilaporkan antara portopolio dengan kenyataan di lapangan. Setelah itu akan mendapatkan hasilnya.

“Dan apabila sudah selesai di tahap penilaian 10 kampung itu, nanti akan kita bahas kembali di Kabupaten Lampung Tengah melalui forum rapat untuk dapat menentukan mana yang terbaik dalam kategori satu, dua dan tiga atau juga akan ditambahkan kategori harapan satu, dua dan tiga,” paparnya.

Jadi, lanjutnya, evaluasi ini sebenarnya lebih kepada bagaimana keberhasilan pelaksanaan roda pemerintahan dan  untuk mengetahui efektivitas keberhasilan pelaksanaan roda pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat, dan juga dapat mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat, daya saing di tingkat kampung/kelurahan di pemerintahan kampung selama satu tahun berjalan.

Firdaus juga memgungkapkan, terpenting dalam evaluasi ini ada tiga aspek yang dinilai, yakni Aspek Pemerintahan, Aspek Kewilayahan dan Aspek Kemasyarakatan.

“Untuk tahap ini, dari temuan hasil evaluasi tim kami di Kampung Sidorejo bersama hasil evaluasi kami sebelumnya di 10 kampung, selanjutnya akan laksanakan melalui mekanisme rapat di kantor kabupaten untuk bisa mendapatkan peserta terbaik dari 10 hasil nominasi kampung yang baik-baik ini yang sudah kita lihat saat ini,” bebernya.

Maka setelah ditetapkan menjadi peserta yang terbaik, kata Firdaus, selanjutnya peserta ini akan mengikuti lomba di tingkat Provinsi bahkan Nasional. BoRnok/Gulman – Lamteng

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
3
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0