Eksotisme para Lelle jadi primadona wisata unggulan sangihe- menuju ajang Nasional Anugrah desa wisata 2022

 74 total views

 

Bhayangkaranusantara.com,-Desa Para Lele yang eksotik menyimpan keindahan bawah laut yang alamiah di lingkari hamparan pantai pasir putih terletak di pesisir selatan kecamatan tatoareng Kabupaten Kepulauan Sangihe di pastikan akan ikut serta dalam ajang bergengsi pariwisata tingkat Nasional yang bertajuk Anugerah Wisata Indonesia Tahun 2022.

Program unggulan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno itu, akan di ikuti oleh seluruh Daerah di Indonesia yang memiliki spot wisata dengan segala keindahannya. Dalam ajang bergengsi ini, Sangihe akan mengikutsertakan Kampung Pulau Para Lele, yang berada di Kecamatan Tatoareng. Selain memiliki pantai yang indah, Dinas Pariwisata Mengikutkan Pulau Para Lele dalam ajang Anugerah Wisata Indonesia Tahun 2022 juga karena pemandangan bawah laut di sekitar pulau berpasir putih itu sangat eksotis.

Baca Juga:  Dampak Corona, Petugas di Boyolali Terpaksa Bubarkan Acara Resepsi Pernikahan

Sekretaris Daerah Sangihe Melanchton Harry Wolff, mengatakan, pariwisata merupakan kegiatan yang akan menggerakan ekonomi daerah. Menurutnya, hal ini sejalan dengan kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam meninggkatkan ekonomi inklusif atau ekonomi kerakyatan.
Ia berharap kegiatan pariwisata akan menggeliatkan ekonomi di masyarakat. Karena menurutnya, kegiatan pariwisata akan membuka pasar yang nantinya akan dilakukan dan disajikan oleh masyarakat itu sendiri.

Harry menjelaskan, destinasi wisata di wilayah Tatoareng, khususnya di Pulau para, menawarkan pesona keindahan alamnya sehingga, menurutnya wisata alam itu terus diupayakan untuk di dukung dengan kesiapan masyarakatnya, karena sebagian besar para pelaku wisata mengarah ke aktivitas kebudayaan yang selama ini mengakar di kehidupan masyrakatnya.

“Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian besar wisatawan karena mereka akan melihat peradaban kehidupan suatu wilayah tersebut. Dengan demikian mereka akan tertarik untuk berlama-lama menikmati keindahan wisatanya, ” Ujar Harry. Selain Pulau Para, Pantai Nitu Dan Pantai Sawang adalah dua dari delapan pantai dengan pemandang yang indah dengan hijaunya pepohonan serta hamparan pasir putih. Keindahannya pun semakin disempurnakan dengan pemadangan bawah lautnya.

Baca Juga:  Video Viral: Jambret Beraksi Sampai Seret Korban Akhirnya Dibekuk
Baca Juga:  Pernyataan Komjen Idham Azis Terkait Radikalisme Sangat Melegakan

Keanekaragaman biota laut juga dipastikan akan diminati para penikmat wisata, baik lokal maupun asing untuk melakukan snorkling dan diving.
Kondisi ini menjadi bidikan dari Pemerintah daerah melalui dinas pariwisata daerah Dan berbagai asosiasi yang bergerak di bidang kepariwisataan, Salah satunya asidewi sulut, yang dalam pantuaan sudah memberikan sosialisasi dan pendampingan terkait dengan pengembangan wisata Kampung Para Lele, baik tata kelola destinasi wisata, pemberdayaan SDM, dan pengembangan sumber daya alam yang dimiliki. Rintisan dan strategi pengembangannya sudah mulai dilakukan sejak saat ini.

Sinergitas semakin terbangun ketika pemerintah kampung para lele beserta pokdarwis (kelompok sadar wisata ) dan seluruh warga memiliki semangat juang yang tinggi untuk menjadikan para lele sebagai desa wisata unggulan di sangihe. Walaupun disadari masih ada kendala yang dihadapi yaitu listrik dan jaringan internet.
Meski demikian, kendala tersebut tidak menyurutkan semangat mereka, sehingga strategi dan berbagai upaya terus di lakukan melalui Dinas pariwisata daerahdaerah Kabupaten Kepulauan sangihe..

Adrianto – sangihe

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0