Duta Humas Polda Kalteng Ajak Pengguna Medsos Lawan Hoaks – Bhayangkara Nusantara
Duta Humas Polda Kalteng Ajak Pengguna Medsos Lawan Hoaks

Duta Humas Polda Kalteng Ajak Pengguna Medsos Lawan Hoaks

 285 total views,  2 views today

SAAT ini Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pengguna media sosial (medsos) terbanyak di dunia, bahkan jumlah pengguna media sosial semakin meningkat seiring dengan semakin masifnya para pengguna ponsel pintar atau Smart Phone.

Namun sayang, tingginya tingkat penggunaan media sosial di Indonesia juga dibarengi dengan tingkat kejahatan yang terjadi melalui media sosial, seperti penipuan, pemerasan, pencemaran nama baik, dan banyak lagi kejahatan lainnya.

Menanggapi hal tersebut, Duta Humas Polda Kalteng, Lusia Dwi Meilisari mengatakan, saat ini gesekan dan debat panas di media sosial yang berujung kebencian sudah menjadi hal yang lumrah terjadi, apalagi dalam suasana pilkada seperti saat ini.

“Saat ini pengguna sosial media begitu banyak dan sulit untuk di kontrol. Adanya hal-hal negatif seperti berita hoax yang dengan sangat mudah dan cepat tersebar apabila pengguna sosial media tidak saring sebelum sharing,” ujarnya saat diwawancarai, Selasa (1/12/2020).

Baca Juga:  4 Langkah Mudah Cek Hoaks
Baca Juga:  Tepis Informasi Hoaks, SAS Kawal Langsung Distribusi Beras Bagi KPM-PKH

Selain itu, Perempuan Cantik ini juga mengajak kepada pegiat media sosial untuk selalu berpikir ulang sebelum mengunggah postingan atau berkomentar, terlebih kaum milenial yang ada di Kalimantan Tengah.

“Jadilah pegiat media sosial yang cerdas, pertimbangkan dampak dari posting yang akan diunggah baik bagi diri sendiri atau orang lain. Banyak kasus pencemaran nama baik berawal media sosial. Kasus itu bisa terjadi jika ada kata-kata menyinggung pihak tertentu. Selain itu, jangan mengunggah post yang bisa memancing kejahatan serta foto dan video yang tidak pantas untuk publik,” jelas Lusia.

Dirinya juga mengajak untuk melawan hoaks dan hanya membagikan hal yang positif, bermanfaat. “Apabila ragu dengan kebenaran sebuah informasi, masyarakat kini diberi ruang dan kesempatan yang luas dari Humas Polda Kalimantan Tengah untuk bertanya dan memastikan apakah berita itu benar atau tidak. Stop Hoax, Saring sebelum Sharing,” tandasnya. Drd/Rahmad – Kalteng

Komentar Anda

Bagaimana Reaksi Anda?
+1
0
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0