Dua Kali Juara Umum MTQ Sulsel, Bupati Apresiasi Pembinaan LPTQ Luwu Timur

 223 total views

BUPATI Luwu Timur, H. Budiman membuka kegiatan Musyawarah Daerah (Musda) dan Rapat Kerja Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) V Kabupaten Luwu Timur, yang juga dihadiri Wakil Ketua I DPRD, H. M. Siddiq BM dan Kepala Kemenag Lutim, H. Misbah di Aula Rumah Jabatan Bupati, Minggu (25/4/21).

Musda LPTQ tahun ini mengangkat tema optimalisasi peran dan fungsi LPTQ dalam meningkatkan prestasi dan memasyarakatkan Al Qur’an di Bumi Batara Guru Kabupaten Luwu Timur yang diikuti pengurus Luwu Timur.

Bupati Luwu Timur, H. Budiman dalam sambutannya mengatakan, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) merupakan sarana komunikasi sosialisasi pengembagan tilawatil quran, sekaligus sebagai motor penggerak dakwah umat.

Baca Juga:  Tandem Roller Polres Luwu Timur Gilas Miras dan Knalpot Racing
Baca Juga:  Penuhi Janji Kampanye, Walikota dan Wawalkot Tomohon Kunjungi Kantor Sinode GMIM

Dalam tataran masyarakat, kata Budiman, LPTQ memiliki fungsi dan peran yang sangat penting untuk turut menumbuhkembangkan pendidikan Al Quran di tengah masyarakat.

Apalagi jika melihat perkembangan zaman dewasa ini, keterbukaan informasi dan arus globalisasi dunia membuat sekat semakin tanpa batas, dan mengakibatkan budaya membaca Al Quran khususnya dewasa ini semakin surut di masyarakat.

Ke depan LPTQ perlu bersinergi dan menjalin kerjasama serta kemitraan dengan lembaga-lembaga dan yayasan masyarakat yang bergerak dalam bidang pendidikan Al Qur’an.

“LPTQ perlu memberikan motivasi, stimulasi, dan pembinaan terhadap lembaga-lembaga dan yayasan tersebut guna pemberdayaan LPTQ ke depan. Hal ini juga selaras dengan visi daerah Luwu Timur berkelanjutan dan lebih maju berdasarkan nilai agama dan budaya,” ungkapnya.

Terkait Musda dan Rapat Kerja LPTQ, Orang nomor satu di Luwu Timur ini mengatakan, Musda LPTQ memiliki makna dan posisi strategis dalam menentukan arah kebijakan dan tujuan organisasi.

Di samping berfungsi sebagai forum evaluasi dan konsolidasi untuk memantapkan langkah ke depan, LPTQ juga harus mampu melakukan pembenahan dan perbaikan yang orientasinya tidak semata-mata untuk kepentingan keikutsertaan dalam MTQ maupun STQ, tapi dalam rangka peningkatan pendidikan Al Qur’an secara keseluruhan termasuk pembinaan moral generasi muda.

“Patut diapresiasi, keberadaan LPTQ Kabupaten Luwu Timur telah memberikan sumbangsih yang luar biasa bagi daerah ini. Selama dua kali pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, Kafilah Kabupaten Luwu Timur sukses meraih juara umum. Prestasi ini tentu tidak instan diraih, namun ada sederet pembinaan yang dilakukan LPTQ untuk menghantarkan Kafilah Luwu Timur meraih juara,” jelasnya.

Tahun ini, kafilah Kabupaten Luwu Timur akan kembali berlaga di ajang Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) XXXII Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan di Kabupaten Sidrap. “Saya harapkan LPTQ kembali fokus dan mempersiapkan dengan baik para kafilah kita. Pemerintah akan selalu membantu setiap upaya yang dilakukan LPTQ demi kepentingan umat, dan daerah,” harapnya.

Terakhir, Budiman berpesan kepada segenap komponen LPTQ, bersama-sama dengan unsur masyarakat agar terus berperan memelihara kondisi kehidupan yang penuh rasa persatuan, harmoni dan kebersamaan dalam bingkai kemajemukan.

“Aspek penguatan kerukunan itu adalah tanggungjawab kita semua, baik pemuka agama, pemerintah, organisasi keagamaan dan seluruh komponen masyarakat,” tutupnya. Askar/Ai/Hms – Luwu Timur

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0