DPMD Luwu Timur Sosialisasi SDGs dan APBDes di Kecamatan Tomoni

 72 total views

DINAS Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Luwu Timur melaksanakan sosialisasi SDGs dan APBDes kepada para Sekdes dan Kaur Perencanaan seKecamatan Tomoni.

Kegiatan sosialisasi DPMD Kabupaten Luwu Timur ini diadakan di Tilung Orchid Tomoni, 25 Februari 2021.

Dalam kegiatan ini selain dihadiri staf DPMD, sekdes dan kaur perencanaan se kecamatan tomoni juga hadir Pendamping Lokal Desa

Kegiatan ini terlaksana atas inisiasi Forum Komunikasi Sekdes Kecamatan Tomoni (FOKUS).

Baca Juga:  Peduli Covid-19, Kajati dan Ketua IAD Wilayah Sulut Bantu Tim Medis RSUP Prof. DR. R. D. Kandau Manado
Baca Juga:  Ini Senjata Ampuh Prajurit TNI di Saat Damai dalam TMMD Reg 108 Kodim 0725/Sragen

Adapun agenda kegiatan adalah penyamaan persepsi dan frekwensi terhadap berbagai macam regulasi dan aturan tentang SDGs dan APBDes Baik aturan yang dikeluarkan Menteri Dalam Negeri ( Inmendagri), Kementrian Keuangan tentang Dana Transfer ( Inmenkeu), Permendagri maupun Permen desa.

Kegiatan dikemas dalam diskusi dan sharing session, dimana semua hal didiskusikan dan share berdasarkan penterjemahan dari berbagai macam aturan ( regulasi ).

Ada instruksi terkait 8% kedesa tentang penanganan COVID-19 di Desa, dengan menjabarkan item-item yang menjadi belanja desa yang dimasukkan dalam APBDes tahun 2021. Di hal yang lain mengenai SDGs Desa yang menjadi arah kebijakan pembangunan pemerintah pusat yang disinergiskan dengan Pembangunan yang ada di Desa.

Menurut kepala seksi pemberdayaan DPMD, Muh abdi kegiatan ini cukup baik sebagai Upaya membangun chemistry antara proses pendampingan dan arah kebijakan pemerintah yang di arahkan oleh Dinas PMD dan Tingkat Kecamatan sehingg
Sehingga betul – betul agenda kegiatan di desa bukan hanya melihat output kegiatan semata, tapi ada target outcome yang juga menjadi target – target desa untuk peningkatan ekonomi di Desa.

RKTL dari kegiatan ini, akan melaksanakan kegiatan secara runitinas, guna untuk memperkuat diskusi dan share informasi tentang desa. Kata Muh abdi diakhir keterangan. Askar Lutim

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0