Dikerjakan Asal, Proyek P3 TGAI di Desa Rancamulya, Indramayu “Amburadul” – Bhayangkara Nusantara

Dikerjakan Asal, Proyek P3 TGAI di Desa Rancamulya, Indramayu “Amburadul”

 331 total views,  1 views today

PEKERJAAN proyek Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3 TGAI) yang dilaksanakan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Mitra Cai Mulya Tani Desa Rancamulya, Kecamatan Gabus Wetan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat diberitakan sebelumnya terindikasi tidak sesuai standar spesifikasi.

Proyek tersebut terpantau di lapangan banyak menemukan kejanggalan dalam pekerjaannya. Misalnya pada pemakaian pasir abu batu, terlihat adukan untuk pondasi semennya minim sehingga hasil dari adukan tersebut jadi kurang maksimal.

Temuan di lapangan, untuk pondasi galian bahkan kurang dari 30 cm dan pada pemasangan batu juga diketahui banyak menggunakan batu merah yang sangat ringan, sehingga dikhawatirkan tidak kuat dan tahan lama untuk proyek irigasi tersebut.

Salah seorang warga, sebut saja BC, juga sempat menegur satu dari pekerja proyek tersebut yang berinisial JN saat pekerjaan proyek P3-TGAI itu dimulai. “Kalau mengerjakan pondasi atau tembok irigasi itu yang bagus, supaya kuat tidak cepat rusak,” kata BC saat itu, Rabu (23/09/20).

Namun apa jawaban yang didapat, pekerja berinisial JN justru menanggapi dengan tidak baik. “Masyarakat jangan ikut-ikutan, tidak mengerti tidak apa,” pungkasnya dengan sinis.

Sementara, kepala tukang proyek P3-TGAI yang ditanya terkait keberadaan Ketua P3A, Suwandi menjawab menjawab dengan dana sinis. “Pak Wandi jarang ke lokasi proyek,” cetusnya, seakan enggan diwawancara.

Minimnya pengawasan dari Ketua Pelaksana Proyek P3A Mitra Cai Mulya Tani Desa Rancamulya membuat hasil pekerjaan proyek tersebut saat ini “amburadul” karena dikerjakan asal-asalan. Di satu sisi Ketua P3A Mitra Cai Mulya Tani, Suwandi masih sulit dimintai keterangan karena selalu tidak bertemu.

Berbagai elemen masyarakat yang ikut mengawasi proyek tersebut saat ini meminta kepada pihak terkait, dalam hal ini Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) untuk segera turun ke lapangan dan menindak tegas oknum yang tidak bertanggung jawab dalam. Atim Sawano – Indramayu

Komentar Anda

Baca Juga:  Proyek Gedung Baru DPRD Tomohon Terindikasi Penyimpangan

+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1