Di Tengah Pandemi, Lahan Kodim 0724/Boyolali Masih Produktif untuk Ketahanan Pangan – Bhayangkara Nusantara

Di Tengah Pandemi, Lahan Kodim 0724/Boyolali Masih Produktif untuk Ketahanan Pangan

 54 total views,  2 views today

LAHAN Kodim 0724/Boyolali berhasil mendapatkan lebih dari 15 ton jagung dalam pelaksanaan panen perdana tahun ini di Demlot Kodim 0724 Boyolali yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan, Dukuh Surodadi, Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali Kota Kabupaten Boyolali, Jumat (24/7/20).

Tanaman jagung tersebut ditanam di lahan Demlot Kodim 0724/Boyolali pada 6 April 2020 lalu dengan luas lahan kurang lebih 1 Ha. Kali ini jagung dari varietas NK Perkasa yang dipilih untuk ditanam di Demlot Kodim 0724/Boyolali, yang sebelumnya menggunakan varietas jenis lainnya.

Hadir dalam pelaksanaan panen perdana tersebut, Dandim 0724/Boyolali Letkol Inf Aris Prasetyo, S.I.P, M.I.P, Kapolres Boyolali AKBP Rachmat Nur Hidayat, SH, S.IK, Danramil Jajaran Kodim 0724/Boyolali, Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali dan jajaran Forkompimda Kabupaten Boyolali.

Dandim 0724/Boyolali dalam kesempatan itu mengapreasiasi semua pihak, baik anggota TNI dan Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali yang telah berpartisipasi dalam proses penamanan jagung maupun perawatan hingga panen, termasuk dalam proses penyiapan lahan dan bibit untuk penanaman jagung.

Dandim mengatakan, pihaknya bersyukur dalam kondisi saat ini terlebih pada masa pandemi Corona, Kodim 0724/Boyolali dapat menaman hingga panen dengan hasil yang cukup memuaskan.

“Berdasarkan hasil perhitungan dari Dinas Pertanian melalui pengubinan, jagung yang berhasil dipanen dengan luas kurang dari 1 hektar kita bisa mendapatkan jagung sebanyak kurang lebih 15 ton,” kata Dandim.

Sementara Perwira Seksi Teritorial Kodim 0724/Boyolali Kapten Inf Kamami mengatakan, pelaksanaan panen jagung tersebut bukan hasil yang dikejar, namun untuk membangkitkan semangat dari para petani untuk memanfaatkan lahan-lahan yang ada agar tetap produktif.

Pemilihan tanaman jagung dikarenakan pihaknya menilai bahwa tanaman jagung merupakan jenis tanaman yang tahan terhadap panas dan juga tidak terlalu banyak membutuhkan air dibandingkan tanaman lain seperti padi.

Baca Juga:  Komisi III DPRD Sulut Apresiasi Pemprov dan Pemkab Minahasa Atasi Eceng Gondok

Disaksikan usai acara seremoni Dandim 0724/Boyolali, Persit KCK cabang XLV Dim 0724/Boyolali beserta hadirin dan puluhan anggota TNI dari Kodim 0724/Boyolali langsung masuk ke dalam kebun jagung untuk melakukan kegiatan panen jagung secara bersama-sama. Iwan/Maryo – Solo Raya

Komentar Anda

+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1