Di Tengah Covid-19, IKISST Sulut Gelar Mukerbes – Bhayangkara Nusantara
Di Tengah Covid-19, IKISST Sulut Gelar Mukerbes

Di Tengah Covid-19, IKISST Sulut Gelar Mukerbes

 54 total views,  1 views today

MUSYAWARAH Kerja Besar (Mukerbes) Ikatan Kekeluargaan Indonesia, Sangihe, Sitaro, Talaud (IKISST) Sulawesi Utara (Sulut) rencananya akan digelar pada Sabtu, 22 Agustus 2020 mendatang Pukul 08.30 di Aula Jemaat GMIM “Yarden” Dendengan Dalam, Kelurahan Dendengan Dalam, Kecamatan Paal Dua, Kota Manado.

Mukerbes, menurut Ketua Panitia pelaksana, Semmy Mananoma, SH, MH, merupakan instrumen dari amanat anggaran dasar dan rumah tangga organisasi IKISST juga sebagai tindak-lanjut hasil Musyawarah Besar IKISST tahun 2018 yang menelorkan Prof. DR. Urbanus Naharia, M.Si sebagai ketua umum menggantikan almarhum Drs. Agustinus Tahendung.

Dengan demikian, kata Mananoma, wajib hukumnya Mukerbes harus dilaksanakan meskipun di tengah suasana bangsa yang lagi bergulat dengan wabah pandemi Covid 19. “Tapi sebagai orgsnisasi besar, IKISST harus melaksanakan amanat AD/ART,” tandas Staf Ahli DPD RI utusan Sulut.

Dalam Mukerbes panitia mengusung tema: “Tantangan dan Peluang IKISST di Era Digital”. Tema ini diusung seiring perkembangan teknologi digital yang sangat pesat. “Mau tidak mau, suka tidak suka IKISST harus berbenah diri dalam penguasaan teknologi yang satu ini agar tak ketinggalan kereta dengan yang disebut dunia teknologi digital,” ucap Mananoma.

Menurutnya, teknologi digital dinilai relevan dengan kondisi bangsa/daerah saat ini yang lagi bergolak dengan Covid-19. Selain menghadirkan peserta dalam jumlah terbatas juga mukerbes dilaksanakan melalui live streaming yang dapat diakses lewat akun Facebook (FB) dengan Password Mukerbes IKISST Nusalawo.

Penggunaan teknologi live streaming ditujukan buat semua pengurus dan anggota IKISST dimana saja berada, dapat mengikuti kegiatan Mukerbes. “Ini juga akan menjadi salah satu hal yang nantinya untuk menjadi bahan rekomendasi di forum musyawarah selain, menetapkan dan mengesahkan program kerja hingga berakhirnya masa periode kepengurusan tahun 2023,” sebut sosok pengacara kondang itu.

Baca Juga:  Tak Mau Kampanye Hitam, CS-WL Gencar Sebarluaskan Program Unggulan

Lebih lanjut Mananoma menambahkan, jumlah peserta musyawarah dibatasi untuk menyesuaikan dengan situasi Covid-19 dan kegiatan ini juga mengikuti protokol Covid-19, peserta lainnya akan mengikuti musyawarah lewat fasilitas live streaming melalui akun FB Mukerbes IKISST Nusalawo,” tutup Mananoma.

Di bagian lain Ketua Umum IKISST Sulut, Prof. DR. Urbanus Naharia, M.Si kepada bhayangkaranusantara.com menandaskan, pembukaan mukerbes akan dibuka secara resmi oleh Ketua Dewan Pembina Edwin Silangen, SE, M.Si yang juga Sekertaris Daerah Provinsi Sulut, Putra Nusa Utara.

Mmantan Direktur Pasca Sarjana UNIMA ini menyebutkan, musyawarah hanya ada dalam agenda pembahasan seputar program kerja tahun 2018-2023 dan amandemen anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART), tidak menyentuh hal-hal yang berbau politik.

“Sebab IKISST organisasi yang berciri khas budaya, namun demikian IKISST Sulut tetap menjadi bagian yang terpisahkan dalam kontestasi pemilihan pemimpin daerah,” paparnya. Johny-Lalonsang – Sulut

Komentar Anda

Bagaimana Reaksi Anda?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1