Dengan Cara Ini Babinsa di Lampung Tengah Sampaikan Sosialisasi Cegah Covid | Bhayangkara Nusantara

Dengan Cara Ini Babinsa di Lampung Tengah Sampaikan Sosialisasi Cegah Covid

 348 total views

KEHADIRAN Babinsa Koramil 411-01/Metro jajaran Kodim 0411/LT (Lampung Tengah) dalam giat Komunikasi Sosial (Komsos) bersama warga binaan adalah bukti bahwa TNI hadir di tengah masyarakat, Minggu (24/1/21)

Komunikasi yang disampaikan dengan santai dan penuh keakraban ini bertujuan untuk mengimbau dan mensosialisasikan gerakan 3 M dalam upaya mencegah penyebaran Covid 19 di wilayah binaan.

“Kami selaku Babinsa mengharapkan dengan adanya komunikasi sosial yang dilaksanakan bernuansa obrolan santai bisa lebih efesien tertanam di hati masyarakat,” kata Babinsa Koramil 411-01/Metro, Peltu Khoirunsyah.

Ia mengatakan, giat ini berbeda dengan imbauan dan sosialisasi saat dilaksanakannya operasi penegakan disiplin protokol kesehatan, warga yang kedapatan melanggar bisa saja mendapatkan sanksi sosial.

“Lalu kepatuhan akan tercipta karena adanya rasa takut ataupun malu, ada petugas mereka patuh dan namun ketika tidak ada petugas, masyarakat akan kembali tidak disiplin“ jelasnya.

Baca Juga:  Rakor TMMD ke 108, Brigjen Pol. Drs. H. Tajuddin, MH Harapkan Giat Ini Berhasil Sesuai Target
Baca Juga:  Kapolda Metro Jaya Gelar Santunan Anak Yatim dan Buka Puasa Bersama dengan Wartawan

Namun, lanjutnya, apabila imbauan itu dilaksanakan dengan cara santai, penuh keakraban dan saling pengertian, maka mudah-mudahan masyarakat akan menyadari betapa pentingnya menjaga serta menerapkan disiplin protokol kesehatan, masyarakat akan menyadari penuh, betapa aparatur pemerintahan sudah berupaya semaksimal mungkin untuk memutus mata rantai Covid-19.

“Komandan Kodim 0411/LT Letkol Inf Andri Hadiyanto, M.Han secara terus menerus mengingatkan kami selaku pembina di masyarakat binaan agar bisa lebih menyelami cara berkomunikasi yang luwes dengan warga sehingga tujuan utama imbauan bisa tertanam di benak dan hati masyarakat, tak kenal maka tak sayang, istilah ini sudah menjadi akar prilaku di dalam kehidupan masyarakat kita,” imbuhnya.

Peltu Khoirunsyah mengatakan, berbuat dengan penuh keikhlasan dan penuh rasa tanggung jawab, selalu Dandim tanamkan di hati anggota dalam melaksanakan tugas, sehingga masyarakat bisa lebih menerima. “Dan Tuhan Yang Maha Kuasa-pun semoga meridhoinya,” tutupnya.

Di samping mengimbau 3 M, para Babinsa jajaran Kodim 0411/LT pun sesekali mensosialisasikan vaksinasi Covid 19 dan jeli terhadap pemberitaan yang beredar di media sosial yang sifatnya memperkeruh suasana kekondusifan di masyarakat.

Sementara di tempat terpisah, Pasiterdim 0411/LT Kapten Inf Sabariyanto mengatakan, dalam melaksanakan operasi Yustisi Penegakkan Protokol Kesehatan, petugas gabungan masih sering menemukan beberapa warga yang tidak taat. Dalam hal ini masih adanya warga yang kedapatan tidak memakai masker ataupun tidak menjaga jarak.

“Hal ini menjadi perhatian khusus bagi Dandim 0411/LT. Untuk itu Dandim memerintahkan kepada seluruh Babinsa jajaran agar melaksanakan komsos yang lebih luwes dan dipenuhi dengan rasa saling pengertian, kesadaran dan keakraban,” ujarnya.

Dengan demikian, maka Babinsa tidak lagi hanya sekedar melaksanakan imbauan melalui operasi penegakkan disiplin, namun lebih diperbanyak dengan gerakan komunikasi sosial bersilaturrahmi ke tengah masyarakat dengan ruang dan waktu yang lebih tepat dalam menyerap aspirasi masyarakat.

“Sehingga dalam pemberian sosialisasi akan terlahir tekad kebersamaan antara aparatur dan masyarakat dalam upaya memutus tali penyebaran Covid-19,” terangnya. BoRnok-Lamteng

Komentar Anda
+1
0
+1
2
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0