Datangi KKP, Gaghana Serahkan Grand Design Sangihe Sebagai Gerbang Ekonomi Maritim

 136 total views

BUPATI Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana, SE, ME mendatangi kantor Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) RI dan menyerahkan langsung proposal grand design Kabupaten Kepulauan Sangihe sebagai Gerbang Ekonomi Maritim di wilayah Nusa Utara dan daerah Sumber Ikan Nasional, Selasa (16/3/21).

Dalam kunjungan kerja ini, Gaghana didampingi Kepala Baperlitbang Felix Gaghaube, M.Si, Kadis Kelautan Perikanan Rence Tamboto dan Kabid Perikanan dan Budidaya Alfred Limpong disambut langsung Dirjen PDSKP, Artati Widiarti di ruang rapat Mina Bahari III Gedung Kantor Kementrian Kelautan RI di Jakarta.

Di awal sambutannya Bupati Sangihe memaparkan letak Kabupaten Sangihe secara geografis sebagai daerah perbatasan di ujung utara Sulawesi dengan negara tetangga Filipina.

Baca Juga:  Atasi Ekonomi di Tengah Pandemi Corona, Bupati Klaten Bagikan Sembako Kepada 300 Difabel
Baca Juga:  Investor China Dideportasi, Bupati Sangihe Sesalkan Tindakan Imigrasi Tahuna

Sangihe dipastikan memiliki wilayah laut cukup luas serta potensi sumber daya kelautan perikanan yang sangat kaya sehingga sinergitas antara Pemerintah Pusat lewat KKP dengan Pemkab Sangihe adalah penting untuk terus dijaga kesinambungannya.

Lebih lanjut Gaghana juga menjelaskan keberadaan cool storage yang dimiliki Pemkab Sangihe saat ini di Pelabuhan Dagho hanya berkapasitas 200 ton dan hanya boleh menampung hasil tangkapan dari 4 kapal nelayan lokal saja.

“Sedangkan di Sangihe ada puluhan kapal nelayan lokal yang rutin melaut sehingga seringkali hasil tangkapan nelayan lokal Sangihe tidak tertampung bahkan rusak tak bisa dijual,” kata Gaghana.

Ia pun berharap, usulan Pemkab Sangihe terkait peningkatan kapasitas penumpangan ikan yang telah terangkum dalam proposal dapat segera terealisasi sehingga Kabupaten Sangihe ke depan dapat menjadi salah satu daerah sumber ikan nasional.

Baca Juga:  33 Media Terakomodir Jadi Mitra Kerja, Gaghana: Pers Punya Peran Strategis dalam Keberhasilan Program Pemerintah

Sementara dalam kesempatan itu Dirjen PDSKP – KKP, Artarti Widiarti mengapresiasi Bupati bersama rombongannya yang sudah datang menyampaikan usulan infrastruktur penunjang pembangunan sektor perikanan, sambil berharap bantuan yang diberi Pemerintah Pusat lewat KKP dapat dijaga dengan baik dan digunakan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Sangihe. Adrianto – Sangihe

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
1
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0