Dana BLT Desa Gedung Baru Dipertanyakan, Kejari OKU Selatan Pulbaket Data

 777 total views

MASYARAKAT Desa Gedung Baru, Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah (BPRRT), Kabupaten OKU Selatan, Sumsel kembali mendatangi Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) OKU Selatan guna mempertanyakan laporan masyarakat terkait pengelolaan dana BLT (Bantuan Lsngsung Tunai)

Pasalnya, sudah hampir satu bulan laporan dana BLT itu dimasukan beserta penyerahan beberapa barang bukti oleh perwakilan masyarakat pada 1 Maret 2021, belum juga ada tindaklanjut.

Karenanya, perwakilan masyarakat kembali menyambangi kantor Kejari OKU Selatan lantaran belum adanya informasi dari pihak kejari terkait laporan masyarakat Desa Gedung Baru kepada pelapor.

Azudin, masyarakat Dusun Satu, Desa Gedung Baru yang juga mantan Ketua BPD Gedung Baru menyampaikan, maksud dan tujuan kedatangannya ke kantor Kejari OKU Selatan untuk mempertanyakan laporan yang disampaikan perwakilan masyarakat yang diwakilkan Hidayatulloh dan Fachrurozie berapa waktu lalu. “Karena kami masyarakat ingin tahu sebatas mana laporan itu diproses,” ujarnya, Selasa (30/3/21).

Baca Juga:  Usai Diperiksa Inspektorat, Ketua dan Anggota BPD Gedung Baru "Ngacir" Dikonfirmasi Pers
Baca Juga:  Lembaga Tatar Sunda, FOKAN dan GMDM Satukan Komitmen dalam P4GN

Azudin juga termasuk korban dari oknum perangkat desa yang tandatangannya dipalsukan dalam SPJ penerima dana BLT Desa. “Sedangkan dana tersebut tidak pernah saya terima,” ungkap Azudin.

Lanjut Azudin, karena ini masih pademi Covid-19 maka pihaknya tetap patuhi peraturan protokol kesehatan dan hanya perwakilan saja yang datang. Namun jika laporan mereka tidak diproses, tidak menutup kemungkinan akan lebih banyak masyarakat yang datang.

“Karena di sini kami menuntut hak kami dan bagi oknum yang bermain-main dengan dana BLT Desa Gedung Baru dapat diproses secara hukum, karena telah merampas hak kami. Harapan selanjutnya kami sampaikan agar kiranya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia benar-benar diberlakukan kepada siapapun,” ungkap Azudin.

Sementara, Kajari OKU Selatan, Kusri, SH menyambut baik kedatangan masyarakat Desa Gedung Baru dengan menerima langsung masyarakat di ruang kerjanya.

Kusri menyampaikan kepada masyarakat kiranya bersabar, dalam waktu dekat pihaknga akan melakukan puldata dan pulbaket laporan masyarakat Desa Gedung Baru.

“Kami ucapkan terimakasih kepada masyarakat telah membantu pihak kami dalam memberantas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme di OKU Selatan,” ujarnya.

Lanjutnya, setiap laporan masyarakat yang disampaikan ke Kejari OKU Selatan akan ditanggapi dan diproses sesuai dengan aturan dan ketentuan berlaku. “Dengan itu kita akan buktikan kebenaran laporan itu,” tutup Kusri, SH.

Sementara itu, Ketua LSM Barak NKRI DPD OKU Selatan, Misyadin menyampaikan terimakasih kepada pihak Kejari OKU Selatan yanf telah menerima laporan masyarakat Desa Gedung Baru dan telah diberikan kepastian atas laporan yang disampaikan ke pihak Kejari OKU Selatan, sekaligus menyampaikan bukti bukti terbaru yang diserahkan langsung ke Kajari.

Secara kelembagaan, LSM Barak NKRI DPD OKU Selatan sudah tembuskan hal ini kepada pihak terkait, yakni Kejati Sumsel, Kejagung, Menteri Desa, Kesbangpol, Inspektorat dan Dinas PMD serta ke DPP LSM BARAK di Jakarta. “Hal ini kami sampaikan agar kiranya bersama-sama mengawal laporan perwakilan masyarakat Desa Gedung Baru,” tandasnya.

Misyadin juga mengajak masyarakat tetap menjadi garda terdepan dalam memberantas KKN. “Mari kita bantu aparat penegak hukum dalam memberantas oknum-oknum yang merampas hak masyarakat agar ada efek jera serta terciptanya pemerintah yang bebas korupsi,” ungkapnya. Slamat-Okus

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0