Cegah Karhutla, Polsek Arsel Kerahkan Personel Patroli – Bhayangkara Nusantara

Cegah Karhutla, Polsek Arsel Kerahkan Personel Patroli

 448 total views,  2 views today

GUNA mengantisipasi Karhutlah di pertengahan bulan Oktober, Polsek Arut Selatan (Arsel) jajaran Polres Kotawaringin Barat (Kobar), Polda Kalteng lakukan patroli karhutla, Minggu (11/10/2020) siang.

Menyikapi arahan Kapolres Kobar AKBP Andi Kirana, Kapolsek Arsel AKP Wihelmus Helky mengerahkan personel untuk melakukan patroli kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah hukumnya, tepatnya di Desa Kumpai Batu Bawah, Kecamatan Arsel, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalteng.

Bhabinkamtibmas Desa Kumpai Batu Bawah bersama Manggala Agni dan BPBD Kabupaten Kobar melaksanakan patroli terpadu karhutla wilayah rawan, yaitu Desa Kumpai Batu Bawah, Kecamatan Arsel.

Baca Juga:  Cegah Penyebaran Covid-19, Polres Luwu Timur Kembali Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Patroli diisi dengan imbauan yang disampaikan kepada masyarakat agar tidak membakar hutan, lahan dan kebun serta tetap menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Kapolsek menuturkan di era modern, sejatinya membuka lahan dapat dilakukan dengan menggunakan alat-alat pertanian, terlebih saat ini sudah ada Petugas Pekerja Lapangan (PPL) pertanian di kecamatan, sehingga dapat membantu masyarakat dalam membuka lahan menggunakan alat pertanian.

Tak hanya melakukan patroli dengan imbauan, personil juga menyisir lokasi yang rawan menimbulkan titik api di wilayah tersebut, di antaranya di areal rawan kebakaran di Kelurahan Mendawai Seberang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kobar.

“Pelaku pembakaran hutan dapat dikenakan sanksi hukum berupa pidana penjara selama 10 tahun dan denda Rp. 10 miliar,” tambah Kapolsek.

Kapolsek berharap, apabila ada warga yang melihat, mengetahui bahkan menjadi korban karhutla agar melaporkan ke Polsek, Koramil atau perangkat Desa terdekat. Rahmat/Rudi-Kalteng

Komentar Anda

+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0