Buka Kesempatan Kerja ke Jepang, JEG: “Ini Bukti Terobosan Pemerintah”

 169 total views

BUPATI Sangihe, Jabes Ezar Gaghana, SE, ME (JEG) membuka secara resmi sosialisasi kesempatan kerja di Jepang melalui penerimaan pekerja migran Indonesia lewat program G to G Indonesia – Jepang di Papanuhung Santiago Tampungan lawo (8/4/21)

Pemkab Sangihe melalui Dinas Ketenagakerjaan Daerah gelar sosialisasi terbuka terkait kesempatan dan peluang kerja di negeri Sakura (Jepang) dengan membuka penerimaan pekerja migran melalui program Government to Government (G to G) Indonesia – Jepang.

Sosialisasi ini merupakan tindaklanjut dari penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Pemkab Sangihe dan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) di Jakarta pada 29 Maret 2021 lalu.

Bupati Sangihe, Jabes Ezar Gaghana mengatakan, peluang kerja di Jepang ini merupakan kondisi real yang ada di tengah masyarakat Sangihe. “Ini adalah peluang dan solusi bagi para pencari kerja di Sangihe karena ruang kerja formal di daerah ini sudah sangat sempit dan orientasinya hanya menjadi pegawai negeri sipil,” ujarnya

Jadi, lanjut Bupati, Pemkab Sangihe harus segera melakukan terobosan di sektor ketenagakerjaan sebagai solusi.

Baca Juga:  Klarifikasi Kepemilikan Aset Daerah, Komisi III DPRD Sangihe Temui BKAD Sulut, Hasilnya...
Baca Juga:  Sosialisasi Ganti Rugi Lahan Tambang Emas di Sangihe, PT. TMS Hadirkan Ratusan KK Pemilik Tanah, Warga Kecewa Harga

Sementara Kepala Dinas Ketenagakerjaan Daerah Kabupaten Sangihe, Drs. Doktarius Pangandaheng mengatakan, intinya kegiatan ini untuk menyiapkan anak anak kita sebagai calon tenaga kerja mulai dari proses pelatihan dalam upaya penanggulangan pengangguran, pengentasan kemiskinan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat Sangihe.

Ini adalah sebuah terobosan pemerintah daerah untuk penjajakan peluang kerja bagi tenaga kerja di daerah demi mendapatkan kesempatan kerja di Jepang.

Dia menambahkan untuk penerimaan pendaftaran calon tenaga kerja akan dibagi pada 5 wilayah masing-masing, Tamako dan Mangsel daftar di Tamako. Tabsel, Tabsel Tengah dan Tabsel Tenggara daftar di Manalu. Tabukan Utara daftar di peta Tabut. Tahuna Kendahe daftar di Tahuna dan wilayah kepulauan daftar di Marore dan Kahakitang.

Sementara, PT. Jayadi Global Education Center (JGEC) melalui Rilly Hartje Rimporok menjelaskan, untuk menciptakan tenaga kerja yang profesional maka pihaknya sebagai perusahaan mitra kerja akan menyiapkan pelatihan bahasa dan keterampilan lainnya sesuai kompetensi kerja masing-masing calon tenaga kerja selama 10 sampai 12 bulan sebelum di kirim ke jepang. Adrianto – Sangihe

Komentar Anda
+1
0
+1
2
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0