BST Tahap 10 di Sangihe Cair, Warga Mengeluh Kecewa Jumlah Penerima Berkurang | Bhayangkara Nusantara

BST Tahap 10 di Sangihe Cair, Warga Mengeluh Kecewa Jumlah Penerima Berkurang

 210 total views

BANTUAN sosial tunai (BST) yang disediakan Pemerintah Pusat lewat Kementerian Sosial sejak terjadinya pandemi Covid-19 dengan nilai sebesar Rp. 300,000,-/bulan/KK untuk tahap 10 (Januari-red.) sudah mulai dicairkan. Meski terjadi penurunan jumlah penerima bantuan, sejumlah warga masyarakat mengaku sangat kecewa.

Proses pencairan BST tahap 10 di Kabupaten Kepulauan Sangihe sendiri sudah berjalan sejak awal Minggu kedua bulan Januari 2021.

Pantauan bhayangkaranusantara.com di beberapa wilayah kecamatan, pencairan bansos tunai ini hampir tuntas. Namun sejumlah lurah dan warga penerima bantuan mempertanyakan masalah berkurangnya jumlah penerima BST dari daftar penerima bantuan sebelumnya.

“Banyak warga yang awalnya masuk daftar penerima kini nama mereka sudah tidak ada lagi sebagai penerima bantuan,” kata Lurah Mahena, Kecamatan Tahuna kepada bhayangkara nusantara.com, Jumat (15/1/21).

Proses pencairan BST
Baca Juga:  Kasus Perdagangan Orang dan Eksploitasi Anak di Desa Rancamulya Indramayu Mulai Terbongkar
Baca Juga:  Terjadi di BPN Banyuwangi, Calo Tanah Bisa Ambil Sertifikat Tanpa Surat Kuasa Pemilik?

Terkait pengurangan nama penerima BST tahap 10 ini, Kepala PT. Post Tahuna, Jorry Andaria menjelaskan, hal tersebut bukanlah menjadi kewenangan dari PT. Post, melainkan Kementerian Sosial RI.

“Kami PT. Post hanya menjadi juru bayar dan diperintahkan untuk membayar dana BST sesuai dengan nama-nama penerima bantuan yang kami dapat dari Kemensos RI. Jadi Terkait berkurangnya jumlah penerima BST silakan konfirmasi kementerian yang berwenang,” kata Jorry Andaria, Jumat (15/1/21).

Andaria juga menjelaskan bahwa hingga Selasa 19 Januari, pencairan BST pada sejumlah kecamatan yang ada pada wilayah daratan akan segera tuntas. Saat ini untuk Kecamatan Tahuna, Kendahe, Tabukan Utara, Manganitu, Tabteng dan Tabsel sudah tuntas. Sementara untuk Kecamatan Tamako di upayakan akan tuntas pada Selasa (19/1/20) nanti.

Sementara untuk beberapa kecamatan yang ada di wilayah kepulauan belum dapat dipastikan waktu pencairannya. “Namun yang dapat kami informasikan sementara bahwa pada wilayah kecamatan di kepulauan dana BST akan dibayarkan semuanya untuk empat tahap, yaitu untuk Januari hingga April 2021. Namun kami belum menerima petunjuk terkait kapan waktu pencairan BST 4 tahap tersebut di wilayah kepulauan dimaksud,” jelas Jorry Andaria. Andrianto – Sangihe

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
3
+1
0