BMKG Bitung Keluarkan Peringatan Dini, Sangihe Siaga Bencana | Bhayangkara Nusantara

BMKG Bitung Keluarkan Peringatan Dini, Sangihe Siaga Bencana

 2,756 total views

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kelas II Maritim Bitung keluarkan peringatan dini adanya gelombang laut tinggi hingga 4 meter berpeluang terjadi di perairan Sangihe disertai angin kencang dan hujan deras selama dua hari ke depan sejak Sabtu (16/1/21).

Menyikapi cuaca ekstrim yang sedang terjadi, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengeluarkan peringatan agar warga Sangihe waspadai bencana (siaga bencana).

Terutama warga yang berdomisili di wilayah pesisir pantai, daerah tepian aliran sungai dan masyarakat yang ada di kawasan pinggiran tebing yang rawan longsor. “Imbauan siaga bencana ini ditujukan kepada seluruh warga Sangihe,” kata Kepala BPBD Kabupaten Kepulauan Sangihe, Rivo Pudihang.

Baca Juga:  Polda Sumsel Gelar Peringatan Hari Ibu Ke 91
Baca Juga:  Giat Kerja Bakti dan Monitoring Kamtibmas di Terbus Kp. Rambutan Pasca PSBB

Masyarakat yang berdomisili di tepian pantai harus berhati-hati, karena ketinggian ombak laut dapat mencapai hingga empat meter, sementara tiupan angin kencang merusak jaringan listrik, menumbangkan pohon dan dahan yang patah.

Sementara hujan deras secara terus menerus di khawatirkan dapat memicu terjadinya banjir dan longsor. “Setiap warga masyarakat diharapkan segera melapor kepada aparat setempat jika melihat atau mengetahui terjadi bencana di sekitar wilayah tempat tinggal masing-masing,” ujarnya. 

Pudihang juga mengingatkan warga agar tidak menyebarluaskan berita berita atau informasi yang belum jelas kebenarannya, karena dapat menimbulkan keresahan dan kepanikan di tengah masyarakat.

Dilaporkan juga akibat hujan deras yang mengguyur Kota Tahuna sejak Jumat malam kemarin, beberapa kelurahan di Kecamatan Tahuna dan Tahuna Timur terendam. Kawasan wilayah Virgot Apengsembeka, Kelurahan Soataloara dan kawasan depan Pertamina Tahuna juga terendam air hujan.

Untuk sementara belum ada laporan kerusakan rumah penduduk maupun fasilitas umum. “Juga tidak ada laporan korban jiwa sejak tadi malam,” kta Rivo Pudihang. Adrianto – Sangihe

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
3
+1
0
+1
0