BMKG Bitung Keluarkan Peringatan Dini, Isinya: Waspada Buat Warga Nusa Utara | Bhayangkara Nusantara

BMKG Bitung Keluarkan Peringatan Dini, Isinya: Waspada Buat Warga Nusa Utara

 285 total views

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Bitung kembali mengeluarkan peringatan dini adanya cuaca ekstrem, tiupan angin kencang dan gelombang laut besar.

Dalam surat peringatan yang dikeluarkan disebutkan, Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sangihe mengimbau warga Nusa Utara untuk tetap waspada, khususnya nelayan dan masyarakat yang berdomisili di tepian pantai.

Peringatan dini yang dikeluarkan BMKG Bitung 17 Februari 2021 itu diperkirakan akan terjadi gelombang tinggi sekitar pukul 08.00 Wita, Kamis 18/2 s.d Jumat 19/2, dengan tinggi mencapai 2,5 meter, terjadi di perairan Kepulauan Sitaro, laut Bitung dan Likupang.

Kepala BPBD Sangihe, Rivo Pudihang
Kepala BPBD Sangihe, Rivo Pudihang
Baca Juga:  Heboh Dentuman Misterius di Langit Lampung, Para Ahli Belum Berani Keluar Statemen
Baca Juga:  Warga Kejobong Geger, Perempuan Paruh Baya Gantung Diri di Dapur, Keluarganya Tak Mau Diotopsi

Sedangkan gelombang tinggi mencapai 4 meter diperkirakan bakal terjadi di perairan Kepulauan Sangihe dan laut Maluku bagian utara. Adapun gelombang tinggi sekitar 4 – 6 meter diperkirakan akan terjadi di perairan Kepulauan Talaud.

Peringatan dini gelombang tinggi seperti ini juga pernah dikeluarkan BMKG Bitung pada 16 Januari lalu, dan keesokan harinya 17 Januari s.d 18 Januari wilayah perairan Kepulauan Sangihe diterjang gelombang pasang yang cukup tinggi sampai merusak sebagian dinding taluk pemecah ombak di Teluk Tahuna.

Bahkan sebagian badan jalan Boulevard porak-poranda digerus gelombang laut yang menyapu hingga ke badan jalan membuat situasi di sepanjang pesisir pantai Teluk Tahuna saat itu jadi mencekam.

Kepala BPBD Sangihe, Rivo Pudihang yang dihubungi bhayangkaranusantara.com Rabu (17/2) mengakui dan membenarkan adanya peringatan dini gelombang tinggi yang dikeluarkan BMKG Bitung.

Baca Juga:  Terjadi di Purbalingga, Truk Pengangkut Bantuan Covid-19 Terguling

Menyikapi dan menindaklanjuti peringatan dini tersebut Pudihang berharap agar para nelayan dan warga masyarakat yang berdomisili di tepian pantai tetap waspada.

“Kami mengimbau seluruh masyarakat yang tinggal di tepian pantai agar berhati-hati dan lebih khusus masyarakat nelayan agar tetap waspada dengan ancaman gelombang tinggi. Kalau boleh jangan dulu melaut,” kata Rivo Pudihang. Adrianto – Sangihe

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
2
+1
0
+1
0