Berawal dari Sakit Maag Kronis, Warga Jeringo Temukan Solusinya di Kopi Ini

Berawal dari Sakit Maag Kronis, Warga Jeringo Temukan Solusinya di Kopi Ini

 162 total views,  4 views today

NYSIA Apriyanti, warga Desa Jeringo, Kecamatan Gunungsari Lombok Barat, memiliki pengalaman menarik dari sakit maag kronis yang dialaminya. Dari penyakit itu, ia mencoba iseng-iseng membuat kopi kunyit putih yang dipadukan dengan bermacam rempah lainnya.

Hasinya, ternyata tidak disangka-sangka. Penyakit maagnya itu bisa sembuh, karena kunyit putih memiliki beberapa kandungan yang membantu tubuh untuk mengatasi penyakit maag. Kandungan itu seperti minyak atsin, gula, saponin, protein toksin, damar, flavonoida, amilium, Titanin, kurkumin, dan bermacam kandungan lainnya. Selain itu kunyit putih juga mempunyai kemampuan mencegah pertumbuhan sel kanker sehingga sangat bagus dikonsumsi untuk kesehatan dalam kehidupan sehari-hari kita.

Dari pengalamannya itu, Nysia awalnya hanya untuk konsumsi sendiri. tapi karena banyak mengandung unsur kesehatan dia mencoba berinovasi membuat kopi bersama adiknya bernama Melani dengan dibantu sang ibu untuk meracik sendiri dalam bentuk kemasan, dan mencoba memadukannya dengan rempah-rempah dan aneka rasa lainnya, seperti kopi original, pandan, jahe, kunyit putih kelapa, dan kakao. “Wah ternyata wenak tenan!”

Gadis enam bersaudara ini akhirnya memutuskan untuk menjual kopi itu dan langsung mendaftarkan ke Depkes Lombok Barat agar produknya resmi masuk di toko-toko atau swalayan, karena sebagai pemula penjual kopi kemasan, sekarang ini Nysia mencoba memasarkan langsung door to door ke rumah-rumah warga dan perkantoran agar produknya lebih dikenal oleh khalayak. Hasilnya sangat memuaskan, dia pun berharap produknya bisa dijadikan produk unggulan Desa Jeringo, sehubungan desanya akan dijadikan sebagai Desa Wisata, untuk dikonsumsi para pengunjung.

Baca Juga:  Kekecewaan Warga Mapanget Terobati, Bantuan Sembako Pemkot Manado Akhirnya Tiba

Kepala Desa Jeringo, Sahril, SH yang kebetulan sedang bersama Nysia dan Melani saat dikonfirmasi di kantor Desa Jeringo, baru-baru ini terkait warganya yang mencoba berinovasi membuat racikan kopi dengan bermacam rasa itu, sangat mengapresiasi. Ia berharap, warganya bisa membuat kreasi dan inovasi dalam memunculkan produk-produk lokal sehingga bisa dijadikan produk unggulan.

“Kami atas nama pemerintah desa sangat mendukung kegiatan warga yang mau mencoba membuat usaha-usaha produktif, karena ini merupakan salah satu solusi ekonomi kreatif, terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, karena kunyit juga diyakini bisa menjadi obat Corona atau Covid-19. Kebetulan saya pernah membaca artikel dan menonton video terkait manfaat kunyit putih ini sangat bagus untuk kesehatan dan bisa menjadi alternatif untuk langkah preventif kita dalam menjaga kesehatan,” paparnya.

Sahril juga berharap, produk-produk unggulan di desa ini ke depannya nanti bisa masuk ke toko-toko, swalayan, tempat oleh-oleh dan perhotelan. SHR – NTB

Komentar Anda
%d bloggers like this: