Belanja APD Covid-19 di Kabupaten Sangihe Tembus Angka 6,8 Miliar Rupiah

Belanja APD Covid-19 di Kabupaten Sangihe Tembus Angka 6,8 Miliar Rupiah

 34 total views,  2 views today

DEMI menjaga dan melindungi para tenaga medis dan relawan serta semua pihak yang bekerja membantu pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19 agar terlindung dengan baik dari penularan virus mematikan ini, pemerintah Daerah Kabupaten Sangihe telah membelanjakan alat pelindung diri (APD) dan sejumlah alat kesehatan lainnya dengan dana menebus angka 6,8 miliar rupiah.

Belanja APD dan alat kesehatan lainnya ini bersumber dari dana Bantuan Tidak Terduga (BTT) Covid-19 Kabupaten Sangihe yang nilai totalnya berjumlah 36 miliar rupiah.

Dari nilai 6,8 miliar yang sudah terpakai untuk belanja APD itu, dalam penggunaannya terbagi pada empat pihak, masing-masing pihak Rumah Sakit Liungkendage Tahuna sejumlah 780 juta rupiah, Rumah Sakit Liungpaduli sebesar 1,3 miliar, Dinas Kesehatan Sangihe sebesar 1,3 miliar dan BPBD Sangihe sebesar 3,2 miliar rupiah.

Hal ini dijelaskan Kepala Bidang III BPBD Sangihe Erick Marentek, ST yang juga menjabat sebagai Pejabat Pembuat komitmen (PPK) pada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sangihe saat ditemui wartawan Bhayangkara Nusantara (BN) di Tahuna Selasa (15/9/2020).

Selain APD dan alat kesehatan lainnya, Marentek juga menjelaskan ada belanja bantuan bahan pangan yang dibelanjakan oleh BPBD senilai 900 juta rupiah dan pendistribusian bantuan bahan pangan ini kepada masyarakat dilakukan langsung Dinas Sosial Kabupaten Sangihe untuk tahap pertama.

“Sedangkan bantuan bahan pangan untuk tahap dua itu sudah tidak melalui BPBD lagi karena telah diusulkan langsung Dinsos Sangihe,” tandas Marentek.

Sementara sebelumnya Plt Sekda Kabupaten Sangihe, Harry Wolf, ST yang ditemui terpisah di ruang kerjanya menegaskan, kalau untuk dana belanja APD, belanja alat kesehatan lainnya serta pembayaran upah lelah bersumber dari dana BTT Covid-19 yang totalnya mencapai 36 miliar rupiah. Adrianto – Sangihe

Facebook Comments
Baca Juga:  Instruksi Presiden, Buka Akses Jalan Menuju Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor yang Tertutup Longsor
%d bloggers like this: