Bawaslu Sangihe Gelar Bimtek Penyelesaian Sengketa Cepat di Masa Pandemi C-19 – Bhayangkara Nusantara

Bawaslu Sangihe Gelar Bimtek Penyelesaian Sengketa Cepat di Masa Pandemi C-19

 126 total views,  1 views today

BADAN Pengawas pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sangihe gelar bimbingan teknis (bimtek) kepada Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se Kabupaten Sangihe jelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara terkait penyelesaian sengketa cepat di masa pandemi Covid-19, Kamis (1/10/20) di Gedung Inspirasion Hall GMIST Efrata Tahuna.

Bimtek ini ikuti  45 orang personil Panwaslu dari 15 kecamatan yang tersebar di wilayah Kabupaten Sangihe dipimpinan langsung dua Komisioner Bawaslu Sangihe Zebedeus Lesawengan, SH Koordinator Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Sengketa, dan Jemmy Sudin, STh Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan antara Lembaga. Juga turut hadir Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sangihe, Allan Steve Lahinda, SH.

Komisioner Bawaslu Sulut.doc

Sementara Komisioner Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara Awaludin Umbola, S.Hut,
Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa mengatakan, tugas utama pengawas pemilu bukan hanya secara normatif melakukan pengawasan terhadap proses kampanye, tetapi ada hal hal yang kemudian di luar tahapan yang harus diawasi seperti netralitas ASN, perangkat desa serta banyak pekerjaan lainnya.

“Sangat diharapkan ke depan teman teman Bawaslu lebih kreatif, karena jika seandainya kita hanya terpenjara dengan hal-hal yang sifatnya normatif, jadi susah kita bekerja. Ingat, tugas besar kita adalah menjaga kualitas demokrasi bangsa ini yang esensinya bukan hanya soal angka angka dalam hal hal teknis, bukan hanya soal layak atau tidak pemasangan alat peraga kampanye, tetapi di pundak kita, bagaimana cara kita untuk bisa menjernihkan hasil pemilu dan mencerdaskan rakyat sebagai pemilih. Itulah tugas besar kita bersama sebagai pengawas pemilu,” kata Awaludin Umbola yang tiba di lokasi Bimtek didampingi Ketua Bawaslu Sangihe, Junaidi Bawenti.

Bimtek di tengah pandemi Covid-19 ini tentunya tetap mentaati semua peraturan pemerintah, termasuk protap kesehatan pencegahan virus Corona. Sebelum acara di mulai semua peserta diwajibkan mencuci tangan, pakai masker dan jaga jarak saat berada di dalam ruangan mengikuti bimbingan teknis ini. Adrianto – Sangihe

Komentar Anda

Baca Juga:  Siaga Penuh, Komisioner Bawaslu OKU Selatan Dapat Pengawalan Pribadi

+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1