Bansos KAT dan RS-RTLH Mengalir ke Sangihe, Totalnya Fantastis Tembus Angka 6,9 M | Bhayangkara Nusantara

Bansos KAT dan RS-RTLH Mengalir ke Sangihe, Totalnya Fantastis Tembus Angka 6,9 M

 204 total views

MASYARAKAT Kabupaten Kepulauan Sangihe kembali terima bantuan sosial (bansos) bagi Komunitas Adat Terpencil (KAT). Nilainya cukup fantastis, tembus angka 6,18 miliar rupiah plus bantuan Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-RTLH) senilai 774,5 juta rupiah.

‌Bansos untuk KAT dan RS-RTLH ini diserahkan Kepala Dinas Sosial Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Dr. Rinni Tamuntuan di gedung Polnustar yang baru Desa Siha, Kecamatan Manganitu, Kabupaten Sangihe, saat prosesi peresmian gedung itu oleh Gubernur Sulawesi Utara, Selasa (6/4/21).

‌Dalam kesempatan itu Tamuntuan mengatakan, penyerahan bantuan ini adalah bentuk pelimpahan wewenang dan tanggungjawab dari Pemerintah Pusat dan Provinsi Sulawesi Utara kepada Pemda Kabupaten Sangihe atas pemberdayaan bagi masyarakat penerima bantuan KAT, setelah mereka selama dua tahun dibina oleh Pemerintah Pusat dan Provinsi Sulawesi Utara.

Baca Juga:  Tim Gabungan Satpol PP Kota Tomohon Akan Kosongkan Kandang Ternak Babi Tanpa Izin
Baca Juga:  Temukan Kejanggalan, Wabup Irwan Tegur Hasil Kerja Proyek SPAL PKM Bonepute

Lebih lanjut, Tamuntuan menjelaskan, terkait proses dalam tahapan penyaluran bantuan ini, pada tahun 2019 lalu telah diserahkan bantuan KAT senilai 5,05 miliar rupiah yang tersebar di lima wilayah, masing-masing Kampung Bukide Timur, Batunderang, Bebelang Mendaku, Lehimi Tariang dan Tambung Ahapatung.

Sedangkan di tahun 2020 kembali diserahkan bantuan yang sama senilai 1,13 miliar rupiah yang tersebar di tiga kampung, yakni Bukide Timur, Batunderang dan Bebalang Mendaku, sehingga total nilai bantuan untuk Komunitas Adat Terpencil mencapai 6,18 miliar rupiah.

Dia berharap, dengan adanya bansos ini pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Sangihe dapat ditingkatkan dan kiranya Pemda Kabupaten Sangihe dapat mendorong masyarakat menjadi semakin mandiri dan sejahtera.

Selain memberikan bansos KAT, dalam kesempatan yang sama juga diserahkan bantuan RS-RTLH sebanyak 13 unit rumah di Kecamatan Kendahe, Tamako, Tabsel Tengah, Mangsel dan Tahuna Timur dengan anggaran senilai 442 juta rupiah.

Dijelaskan juga bahwa pada tahun 2020 lalu sudah diserahkan 10 unit rumah layak huni di Kecamatan Tabukan Tengah dan Manganitu Selatan dengan anggaran senilai 332,5 juta rupiah sehingga total nilai bantuan RS-RTLH mencapai 774,5 juta rupiah. Adrianto – Sangihe

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0